MAJELIS UMAT KRISTEN INDONESIA - MUKI PROVINSI DKI JAKARTA

PERJUANGAN MUKI
SEIMBANG HAK & KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA NEGARA REPUBLIK INDONESIA

PENGKADER

KADER
Keluaran 18:21, dan Kitab Ulangan 1:15 yaitu; cakap; takut akan Allah; dapat dipercaya; benci kepada suap; bijaksana dan berpengalaman.

PENGKADER
Mempersiapkan calon pemimpin menjadi pemimpin yang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan.
Kader adalah sekelompok kecil orang terlatih yang membentuk unit dasar militer, politik, atau organisasi bisnis atau organisasi kemasyarakatan.
"Caderisation" (caderization) adalah istilah dalam politik dan administrasi politik. Ini berarti baik proses transformasi sekelompok orang ke kader (fungsionaris partai), atau perkembangan sel-sel kader dalam suatu organisasi atau komunitas. Jadi "caderised" (caderized) berarti untuk membuat sesuatu dengan kualitas sel kader atau kader.


Cakap atau kompeten
1. Memiliki keterampilan yang sesuai atau memadai, pengetahuan, pengalaman, dll, untuk beberapa tujuan; benar berkualitas: Ia sangat kompeten untuk mengelola Pemerintahan Daerah.
2. Memadai tapi tidak luar biasa.
3. Hukum. (Dari saksi, pihak untuk kontrak, dll) yang memiliki kompetensi hukum, dengan memenuhi persyaratan minimum tertentu usia, kesehatan pikiran, atau sejenisnya.
4. Geologi. (Dari tempat tidur atau strata) mampu menjalani lipat tanpa flowage atau perubahan ketebalan.

Kompetensi adalah kemampuan seorang individu untuk melakukan pekerjaan dengan benar. Suatu kompetensi adalah seperangkat perilaku didefinisikan yang menyediakan panduan terstruktur memungkinkan identifikasi, evaluasi dan pengembangan perilaku di masing-masing kedudukan. Istilah "kompetensi" pertama kali muncul dalam suatu artikel yang ditulis oleh R.W. White pada tahun 1959 sebagai konsep untuk motivasi kinerja. Pada tahun 1970, Craig C. Lundberg mendefinisikan konsep dalam "Perencanaan Program Pengembangan Eksekutif". Istilah memperoleh traksi ketika pada tahun 1973, David McClelland menulis suatu makalah berjudul, "Pengujian Kompetensi Alih Daripada Intelijen". Sejak itu telah dipopulerkan oleh Richard Boyatzis dan banyak lainnya, seperti T.F. Gilbert (1978) yang menggunakan konsep dalam hubungan dengan peningkatan kinerja. Penggunaannya bervariasi, yang mengarah ke kesalahpahaman yang cukup. Kompetensi telah muncul di keadaan-keadaan bervariasi dan konteks ilmiah bervariasi dengan arti yang berbeda (Klarsfeld, 2000).

Beberapa ahli melihat "kompetensi" sebagai kombinasi pengetahuan praktis dan teoritis, keterampilan kognitif, perilaku dan nilai-nilai yang digunakan untuk meningkatkan kinerja; atau sebagai keadaan atau kualitas yang memadai atau berkualitas baik, memiliki kemampuan untuk melakukan peran tertentu. Misalnya, manajemen kompetensi mungkin termasuk sistem berpikir dan kecerdasan emosional, dan keterampilan dalam pengaruh dan negosiasi.

Kompetensi juga digunakan sebagai deskripsi yang lebih umum persyaratan manusia dalam organisasi dan masyarakat.

Hirarki Kompetensi
Kompetensi kadang-kadang dianggap sebagai yang ditunjukkan dalam aksi dalam situasi dan konteks yang mungkin berbeda waktu berikutnya seseorang harus bertindak. Dalam keadaan darurat, orang yang berkompeten dapat bereaksi terhadap situasi berikut perilaku mereka sebelumnya telah ditemukan untuk berhasil. Untuk menjadi kompeten seseorang akan perlu untuk dapat menafsirkan situasi dalam konteks dan memiliki repertoar tindakan yang mungkin untuk diambil dan telah dilatih dalam tindakan repertoar, jika ini adalah relevan. Terlepas dari pelatihan, kompetensi akan tumbuh melalui pengalaman dan luasnya seorang individu untuk belajar dan beradaptasi.

Kompetensi memiliki arti yang berbeda, dan tetap menjadi salah satu istilah yang paling menyebar di sektor pengembangan manajemen, dan literatur organisasi dan pekerjaan.

Kompetensi  juga apa yang orang butuhkan untuk menjadi sukses dalam pekerjaan mereka. Kompetensi pekerjaan tidak sama dengan tugas pekerjaan. Kompetensi mencakup semua pengetahuan terkait, keterampilan, kemampuan, dan atribut yang membentuk pekerjaan seseorang. Ini  seperangkat kualitas konteks spesifik berkorelasi dengan kinerja pekerjaan yang unggul dan dapat digunakan sebagai standar yang mengukur prestasi  kerja serta untuk mengembangkan, merekrut, dan mempekerjakan kedudukan.

Kompetensi dan model kompetensi mungkin berlaku untuk semua kedudukan dalam suatu organisasi atau mereka mungkin posisi tertentu. Mengidentifikasi kompetensi kedudukan dapat berkontribusi terhadap kinerja organisasi ditingkatkan. Mereka adalah yang paling efektif jika mereka memenuhi beberapa standar penting, termasuk hubungan ke, dan leverage dalam sistem sumber daya manusia organisasi

kompetensi inti membedakan suatu organisasi dari kompetisi dan menciptakan keunggulan kompetitif perusahaan di pasar. Suatu kompetensi inti organisasi adalah kekuatan strategis.

Kompetensi memberikan organisasi cara untuk menentukan dalam hal perilaku apa yang orang perlu lakukan untuk menghasilkan hasil agar keinginan organisasi, dengan cara yang ditetapkan dengan budaya. Dengan memiliki kompetensi yang ditetapkan dalam organisasi, memungkinkan kedudukan untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan untuk menjadi produktif. Ketika didefinisikan dengan benar, kompetensi, memungkinkan organisasi untuk mengevaluasi sejauh mana perilaku-perilaku kedudukan menunjukkan dan di mana mereka mungkin kurang. Untuk kompetensi mana kedudukan kurang, mereka bisa belajar. Hal ini akan memungkinkan organisasi untuk mengetahui potensi sumber daya  apa yang mereka mungkin perlu untuk membantu kedudukan mengembangkan dan mempelajari kompetensi mereka. Kompetensi dapat membedakan organisasi Anda dari pesaing Anda. Sementara dua organisasi mungkin sama dalam hasil keuangan, cara di mana hasilnya tercapai dapat berbeda berdasarkan pada kompetensi yang sesuai dengan strategi tertentu dan budaya organisasi. Terakhir, kompetensi dapat menyediakan model terstruktur yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan praktik manajemen di seluruh organisasi. Kompetensi yang menyelaraskan merekrut mereka, manajemen kinerja, pelatihan dan praktek pembangunan dan reward untuk memperkuat perilaku kunci sesuai nilai-nilai organisasi.

Takut akan Allah

"Takut akan Tuhan" umumnya mengacu pada rasa tertentu hormat, kagum, dan diserahkan kepada Tuhan, sementara Takut Allah menunjukkan ketakutan dari hukuman Ilahi. filsuf Yahudi dan Sarjana Taurat,  Maimonides berbicara tentang takut akan Tuhan sebagai perasaan penting manusia berasal dari kontemplasi tindakan dan kreasi yang besar dan indah Allah.

Menurut Jerry Bridges, "Ada suatu masa ketika orang Kristen berkomitmen dikenal sebagai takut akan Allah. Ini adalah lencana kehormatan."

Dari perspektif  teologis  "takut akan Tuhan"  meliputi lebih dari ketakutan sederhana. Robert B. Strimple mengatakan, "Ada konvergensi kagum, hormat, adorasi, kehormatan, ibadah, rasa percaya diri, rasa syukur, kasih, dan, ya, takut."  Dalam Magnificat (Lukas 1:50) Mary declaims, "rahmat-Nya adalah dari zaman ke zaman orang-orang yang takut akan dia." Perumpamaan Hakim yang tidak adil (Lukas 18: 1-8) menemukan, Yesus menggambarkan hakim sebagai salah satu yang "... tidak takut akan Allah dan tidak peduli untuk manusia." Beberapa terjemahan Alkitab, seperti New International Version, kadang-kadang mengganti kata "takut" dengan "hormat".

Hal ini juga dapat berarti takut hukuman Allah.

Katolik Roma dianggap takut ini sebagai salah satu dari Tujuh karunia Roh Kudus. Dalam Amsal 15:33, yang takut akan Tuhan digambarkan sebagai "disiplin" atau "instruksi" kebijaksanaan. Menulis di Catholic Encyclopedia, Jacques Forgotten  menjelaskan bahwa ini hadiah "memenuhi kita dengan hormat berdaulat bagi Allah, dan membuat kita takut, di atas semua hal, menyinggung-Nya."  Dalam April 2006, artikel yang diterbitkan di dalam majalah Vatikan, kontribusi editor John Mallon menulis bahwa "ketakutan"  di  "takut akan Tuhan" sering disalahartikan sebagai "ketakutan budak" (takut terlibat dalam kesulitan) ketika harus dipahami sebagai "ketakutan berbakti" (takut menyinggung seseorang siapa seseorang menkasihi).

Teolog Lutheran, Rudolf Otto menciptakan istilah "numinus" untuk mengungkapkan jenis ketakutan seseorang untuk Tuhan. Anglikan C.S. Lewis mereferensi istilah dalam banyak tulisannya, namun secara khusus menjelaskan dalam bukunya Masalah Nyeri dan menyatakan bahwa takut numinus bukanlah ketakutan bahwa seseorang merasa untuk harimau, atau bahkan hantu. Sebaliknya, takut numinus, seperti  C. S. Lewis menjelaskan hal itu, adalah salah satu yang penuh dengan kekaguman, di mana Anda "merasa heran dan menyusut tertentu" atau "perasaan tidak mampu untuk mengatasi dengan tamu seperti atau sujud di hadapannya". Ini adalah ketakutan yang datang keluar dari kasih untuk Tuhan.

Takut Allah dirasakan karena seseorang memahami "harapan takut penghakiman". Namun, ini bukan rasa takut yang menyebabkan orang putus asa, melainkan harus ditambah dengan kepercayaan, dan yang paling penting, kasih. Dalam Mazmur 130: 3-4, dikatakan, 130:3 Jika Engkau, ya TUHAN, mengingat-ingat kesalahan-kesalahan, Tuhan, siapakah yang dapat tahan? 130:4 Tetapi pada-Mu ada pengampunan, supaya Engkau ditakuti orang.

Dapat dipercaya

Definisi kepercayaan biasanya merujuk pada situasi yang ditandai dengan aspek-aspek berikut: Satu pihak (trustor) bersedia mengandalkan tindakan pihak lain (trustee); situasi diarahkan ke masa depan. Selain itu, trustor (sukarela atau paksa) meninggalkan kontrol atas tindakan yang dilakukan oleh wali amanat. Sebagai akibatnya, trustor tidak pasti tentang hasil dari tindakan yang lain; mereka hanya dapat mengembangkan dan mengevaluasi harapan. ketidakpastian melibatkan risiko kegagalan atau membahayakan trustor jika wali amanat tidak akan berperilaku seperti yang diinginkan. Vladimir Ilych Lenin menyatakan ide ini dengan kalimat "Kepercayaan adalah baik, kontrol yang lebih baik".

Kepercayaan dapat dikaitkan dengan hubungan antara orang-orang. Hal ini dapat menunjukkan bahwa manusia memiliki disposisi alami untuk percaya dan menilai kepercayaan yang dapat ditelusuri dengan struktur neurobiologis dan aktivitas otak manusia. Beberapa studi menunjukkan bahwa kepercayaan dapat diubah misal oleh aplikasi oksitosin.

Secara konseptual, kepercayaan juga disebabkan hubungan dalam dan di antara kelompok-kelompok sosial  (sejarah,  keluarga, teman, komunitas, organisasi, perusahaan, negara, dll).  Ini adalah pendekatan yang populer untuk membingkai dinamika antar-kelompok dan intra-kelompok interaksi dalam hal kepercayaan.

Ketika datang ke hubungan antara manusia dan teknologi, atribusi kepercayaan adalah masalah sengketa. Sikap disengaja menunjukkan bahwa kepercayaan dapat secara sah dikaitkan dengan hubungan manusia dengan teknologi yang kompleks. Namun, refleksi rasional mengarah ke penolakan kemampuan untuk percaya artefak teknologi.

Salah satu tantangan saat kunci dalam ilmu sosial adalah untuk berpikir ulang bagaimana pesatnya kemajuan teknologi telah berdampak konstruksi seperti kepercayaan. Hal ini khusus berlaku untuk teknologi informasi yang secara dramatis mengubah sebab-akibat dalam sistem sosial.

Dalam ilmu-ilmu sosial, seluk-beluk kepercayaan adalah subjek dari penelitian yang sedang berlangsung. Dalam sosiologi dan psikologi sejauh mana kepercayaan satu pihak kepada yang lain adalah ukuran dari keyakinan dalam kejujuran, keadilan, atau kebajikan dari pihak lain. Istilah "kepercayaan" yang lebih tepat untuk keyakinan dalam kompetensi pihak lain. Berdasarkan penelitian terbaru, kegagalan dalam kepercayaan dapat diampuni lebih mudah jika diartikan sebagai kegagalan kompetensi daripada kurangnya kebajikan atau kejujuran. Dalam ilmu ekonomi, kepercayaan sering dikonseptualisasikan sebagai kehandalan dalam transaksi. Dalam semua kasus kepercayaan adalah aturan keputusan heuristik, memungkinkan manusia untuk menghadapi kompleksitas yang akan memerlukan upaya yang tidak realistis dalam penalaran rasional.

Dalam psikologi, kepercayaan adalah percaya bahwa orang yang dipercaya akan melakukan apa yang diharapkan. Dimulai pada keluarga dan tumbuh dengan orang lain. Menurut psikoanalis pengembangan Erik Erikson kepercayaan dasar adalah kenyataan pertama perkembangan psikososial  terjadi, atau gagal, selama dua tahun pertama kehidupan. Sukses menghasilkan perasaan keamanan, kepercayaan, dan optimisme, sedangkan kegagalan mengarah ke orientasi ketidakamanan dan ketidakpercayaan mungkin mengakibatkan gangguan tambahan.

Kecenderungan dispositional  seseorang mempercayai orang lain dapat dianggap sebagai ciri kepribadian dan karena itu adalah salah satu prediktor terkuat dari kesejahteraan subjektif. Kepercayaan meningkat kesejahteraan subjektif karena meningkatkan kualitas hubungan interpersonal seseorang, dan orang-orang bahagia, terampil membina hubungan yang baik.

Kepercayaan adalah bagian integral ide pengaruh sosial: lebih mudah untuk mempengaruhi atau membujuk seseorang yang percaya. Gagasan kepercayaan semakin diadopsi untuk memprediksi penerimaan perilaku oleh orang lain, lembaga (misalnya instansi pemerintah) dan objek seperti mesin. Namun, sekali lagi persepsi kejujuran, kompetensi dan nilai kesamaan (sedikit mirip dengan kebajikan) sangat penting. Ada tiga bentuk yang berbeda dalam kepercayaan. Kepercayaan menjadi rentan terhadap seseorang bahkan ketika mereka dipercaya; kepercayaan adalah karakteristik atau perilaku dari satu orang yang menginspirasi harapan positif pada orang lain, dan kepercayaan cenderung  mampu mengandalkan orang. Setelah kepercayaan hilang, dengan pelanggaran yang jelas dari salah satu dari tiga faktor penentu, sangat sulit untuk mendapatkan kembali. Jadi ada asimetri yang jelas di gedung dibandingkan kehancuran kepercayaan. Oleh karena itu menjadi dan bertindak dipercaya harus dipertimbangkan satu-satunya cara yang pasti untuk mempertahankan tingkat kepercayaan.

Barbara Misztal, mencoba untuk menggabungkan semua gagasan kepercayaan bersama-sama. Dia menunjukkan tiga hal dasar bahwa kepercayaan dalam kehidupan orang-orang: Itu membuat kehidupan sosial diprediksi, itu menciptakan rasa kebersamaan, dan itu membuat lebih mudah bagi orang untuk bekerja bersama-sama.
Dari perspektif identitas sosial, kecenderungan untuk percaya pada orang asing muncul dari pengetahuan saling keanggotaan kelompok bersama, stereotip, atau kebutuhan untuk mempertahankan kekhasan positif kelompok .

Selain pengaruh sosial, dalam pengaturan organisasi, kepercayaan mungkin memiliki pengaruh positif pada perilaku, persepsi, dan pertunjukan dari seseorang. Kepercayaan memiliki hubungan melingkar dengan persepsi keadilan organisasi sehingga keadilan yang dirasakan mengarah ke percaya yang, pada gilirannya, meningkatkan persepsi masa depan keadilan. Salah satu faktor yang meningkatkan kepercayaan manusia adalah kemiripan wajah. Melalui manipulasi digital dari kemiripan wajah dalam pertandingan berurutan kepercayaan dua orang, bukti yang mendukung ditemukan bahwa memiliki fitur wajah yang sama (kemiripan wajah) meningkatkan kepercayaan mitra masing subjek. Struktur sering menimbulkan kepercayaan pada orang yang mendorong mereka untuk merasa nyaman dan unggul di tempat kerja. Bekerja di mana saja mungkin stres dan membutuhkan usaha. Dengan memiliki area yang terletak diselenggarakan untuk bekerja pada, konsentrasi akan meningkat serta upaya. Struktur ini tidak hanya metode order. Hal ini meningkatkan kepercayaan dan karena itu membuat tempat kerja dikelola. Sebuah terstruktur, lingkungan memerintahkan menghasilkan kepercayaan sebagai salah satu mungkin berisi peningkatan kerjasama dan tampil di tingkat yang lebih tinggi.

Orang dapat bekerja bersama-sama dan mencapai sukses melalui kepercayaan saat bekerja pada proyek-proyek yang mengandalkan kontribusi masing-masing individu.  

Di mana kepercayaan tidak ada, proyek bisa gagal, terutama jika kurangnya kepercayaan belum diidentifikasi dan ditangani. Mengidentifikasi dan menangani kasus-kasus di mana penyedia informasi, pengguna informasi, dan mereka yang bertanggung jawab untuk memproses informasi tidak percaya satu sama lain dapat mengakibatkan penghapusan faktor risiko untuk sebuah proyek.

Hubungan sosial yang ditandai dengan kepercayaan dan norma-norma yang mencegah keterlibatan akademik rendah diharapkan akan dikaitkan dengan prestasi akademik rendah. Individu yang berada dalam hubungan yang ditandai oleh tingginya tingkat kepercayaan sosial lebih cenderung untuk secara terbuka bertukar informasi dan bertindak dengan kebajikan peduli terhadap satu sama lain daripada mereka dalam hubungan kurang kepercayaan.

Pendekatan identitas sosial menjelaskan kepercayaan asing sebagai fungsi dari stereotip berbasis kelompok atau kelompok mendukung perilaku berdasarkan keanggotaan kelompok yang menonjol. Berkenaan dengan ingroup pilih kasih, orang biasanya berpikir juga orang asing tetapi mengharapkan perlakuan yang lebih baik dari anggota di kelompok dibandingkan dengan anggota out-group. Harapan besar ini kemudian diterjemahkan ke dalam kecenderungan yang lebih tinggi untuk mempercayai sebuah kelompok daripada anggota out-group.

Ketika anggota grup dibuat menonjol dan diketahui oleh kedua pihak, kepercayaan diberikan lebih mudah kepada anggota dalam kelompok dari luar kelompok anggota. Kelompok yang mendukung perilaku dalam kepercayaan dapat dikaitkan dengan kebutuhan untuk mempertahankan kelompok memiliki kekhasan positif, terutama dengan adanya ancaman identitas sosial. Kepercayaan asing keluar-kelompok meningkat ketika isyarat pribadi dengan identitas terungkap.

Benci kepada suap

Suap adalah tindakan memberikan uang, barang atau bentuk lain dari pembalasan ke penerima dalam pertukaran untuk perubahan perilaku mereka (untuk kepentingan / minat si pemberi) bahwa penerima akan tidak mengubah. Suap didefinisikan oleh Black Law Dictionary sebagai korban, memberi, menerima, atau meminta apapun item nilai untuk mempengaruhi tindakan orang resmi atau lainnya yang bertanggung jawab atas tugas publik atau hukum.

Hadiah uang atau barang-barang lainnya dari nilai yang dinyatakan tersedia untuk semua orang secara setara, dan bukan untuk tujuan yang tidak jujur, tidak suap. Menawarkan diskon atau pengembalian dana untuk semua pembeli adalah rebate hukum dan tidak suap. Sebagai contoh, adalah legal untuk karyawan sebuah Utilitas Umum Komisi terlibat dalam regulasi tingkat listrik untuk menerima rebate pada layanan listrik yang mengurangi biaya mereka untuk listrik, ketika rebate tersedia untuk pelanggan listrik perumahan lainnya. Jika rebate dilakukan untuk mempengaruhi mereka untuk terlihat baik pada kenaikan tarif aplikasi utilitas listrik, bagaimanapun, itu akan menjadi suap, dan melanggar hukum.

Suap adalah hadiah diberikan untuk mempengaruhi perilaku penerima. Mungkin uang, barang, hak dalam tindakan, properti, keutamaannya, hak istimewa, honor, benda-benda bernilai, keuntungan, atau hanya janji untuk menginduksi atau mempengaruhi tindakan, suara, atau pengaruh dari seseorang dalam kapasitas resmi atau umum.

Dalam ilmu ekonomi, suap telah digambarkan sebagai sewa atau rent. Peminta suap disebut rent seeker. Kalau memaksa disebut pemerasan. Suap di birokrasi telah dilihat sebagai alasan untuk biaya yang lebih tinggi dari produksi barang dan jasa, disebut ekonomi biaya tinggi.

Banyak jenis pembayaran atau nikmat dapat merupakan suap: tip, hadiah, sop, merembes, skim, nikmat, diskon, dibebaskan biaya / tiket, makanan gratis, iklan gratis, perjalanan gratis, undangan gratis, Sayang kesepakatan, bantingan / payback, pendanaan, penjualan meningkat dari suatu objek atau properti, kontrak menguntungkan, sumbangan, sumbangan kampanye, pengumpulan dana, sponsorship / dukungan, pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi, opsi saham, komisi rahasia, atau promosi (kenaikan jabatan / pangkat).

Satu harus berhati-hati karena berbeda norma-norma sosial dan budaya saat memeriksa suap. Harapan ketika transaksi moneter yang tepat dapat berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Sumbangan kampanye politik dalam bentuk uang tunai, misalnya, dianggap tindak pidana suap di beberapa negara, sementara di Amerika Serikat, asalkan mereka mematuhi UU Pemilu, adalah legal. Tip, misalnya, dianggap suap di beberapa masyarakat, sementara di lain dua konsep mungkin tidak dipertukarkan.

Di beberapa negara berbahasa Spanyol, suap yang disebut sebagai "mordida" (harfiah, "menggigit"). Di negara-negara Arab, suap dapat disebut uang pelicin (tip, hadiah, atau gratifikasi) atau "shay" (harfiah, "teh"). Negara-negara berbahasa Perancis sering menggunakan ekspresi "dessous-de-table" ( "komisi-di bawah-meja"), "pot-de-vin" (harfiah, "wine-pot"), atau "komisi occulte" ("komisi rahasia" atau "kickback"). Sementara dua ekspresi terakhir berisi inheren konotasi negatif, ekspresi "dessous-de-table" dapat sering dipahami sebagai praktik bisnis yang diterima secara umum (misalnya, pada kesempatan transaksi real estate di hadapan notaris, pembayaran sebagian dilakukan antara pembeli dan penjual; perlu untuk mengatakan, ini adalah cara yang baik untuk mencuci uang). Di Jerman, istilah umum adalah Schmiergeld ( "smoothing money").

Kejahatan tersebut dapat dibagi menjadi dua kelas besar: satu, di mana orang diinvestasikan dengan kekuatan diinduksi dengan pembayaran untuk menggunakannya secara tidak adil; yang lain, di mana kekuasaan diperoleh dengan membeli hak pilih mereka yang dapat memberi itu. Demikian juga, penyuap mungkin memegang peran yang kuat dan mengontrol transaksi; atau dalam kasus lain, suap dapat efektif diekstrak dari orang yang membayar itu, meskipun hal ini lebih dikenal sebagai pemerasan.

Bentuk-bentuk suap banyak. Misalnya, pengendara mungkin menyuap polisi untuk tidak mengeluarkan bukti pelanggaran karena ngebut, warga mencari dokumen atau utilitas koneksi jalur mungkin menyuap pejabat untuk layanan yang lebih cepat.

Suap juga dapat mengambil bentuk komisi rahasia, keuntungan yang dibuat oleh agen, dalam perjalanan pekerjaannya, tanpa sepengetahuan atasan utamanya. Eufemisme berlimpah untuk ini (komisi, pemanis, kick-back dll) penyuap dan penerima suap yang juga banyak meskipun penyuap memiliki satu denominator umum dan itu adalah kemampuan keuangan untuk menyuap.

Pada korupsi politik, upaya telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir oleh masyarakat internasional untuk mendorong negara-negara untuk memisahkan dan memberatkan sebagai pelanggaran terpisah, aktif dan suap pasif. Dari sudut pandang hukum, penyuapan aktif dapat didefinisikan misalnya sebagai menjanjikan, menawarkan atau memberikan oleh setiap orang, langsung atau tidak langsung, dari keuntungan yang tidak semestinya [kepada pejabat publik], untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain, untuk dia untuk bertindak atau berhenti bertindak dalam pelaksanaan tugasnya. (Pasal 2 Konvensi Hukum Pidana Korupsi (ETS 173) dari Dewan Eropa). Suap pasif dapat didefinisikan sebagai permintaan atau penerimaan [oleh pejabat publik], langsung atau tidak langsung, dari setiap keuntungan yang tidak semestinya, untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain, atau penerimaan tawaran atau janji seperti keuntungan, untuk bertindak atau berhenti bertindak dalam pelaksanaan fungsinya (pasal 3 konvensi Hukum Pidana Korupsi (ETS 173)).

Alasan untuk disosiasi ini adalah untuk membuat langkah-langkah awal (korban, menjanjikan, meminta keuntungan) dari kesepakatan yang korup sudah suatu pelanggaran dan, dengan demikian, untuk memberikan sinyal yang jelas (dari sudut pandang kebijakan kriminal) suap yang tidak dapat diterima . Selain itu, disosiasi seperti membuat penuntutan suap pelanggaran lebih mudah karena bisa sangat sulit untuk membuktikan bahwa dua pihak (suap-pemberi dan suap-penerima) telah secara resmi disepakati kesepakatan yang korup. Selain itu, seringkali tidak ada kesepakatan formal,  tetapi hanya saling pengertian, misalnya ketika sudah menjadi rahasia umum di kota itu untuk mendapatkan izin bangunan kita harus membayar "fee" kepada pengambil keputusan untuk mendapatkan keputusan yang menguntungkan.


Bijaksana

1. memiliki kekuatan cerdas dan menilai benar seperti apa yang benar atau tepat; memiliki ketajaman, penilaian, atau kebijaksanaan.
2. ditandai dengan menampilkan kekuatan seperti; bijaksana atau hati-hati: keputusan yang bijaksana.
3. dimiliki atau ditandai dengan pengetahuan atau belajar ilmiah; mempelajari; terpelajar: bijaksana dalam hukum.
4. memiliki pengetahuan atau informasi sebagai fakta-fakta, keadaan, dll .: Kami adalah bijaksana untuk penjelasan mereka.
5. Slang. diberitahukan; di ketahui: Kau bijaksana, jadi mengapa tidak memberi kita rendah-down?
6. Kuno. memiliki pengetahuan tentang sihir atau santet.
The Oxford English Dictionary mendefinisikan kebijaksanaan sebagai  "Kapasitas menilai benar dalam hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan dan perilaku; kesehatan penghakiman dalam pilihan sarana dan berakhir, kadang-kadang, kurang ketat, akal sehat, esp dalam urusan praktis. Opp untuk kebodohan;" juga  "Pengetahuan (esp dari jenis tinggi atau muskil.);  pencerahan, belajar, pengetahuan". Charles Haddon Spurgeon mendefinisikan kebijaksanaan sebagai "penggunaan yang tepat dari pengetahuan" Robert I. Sutton dan Andrew Hargadon mendefinisikan "sikap kebijaksanaan" sebagai "bertindak dengan pengetahuan sementara meragukan apa yang tahu".

Kebijaksanaan atau cita rasa adalah kemampuan untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal sehat, dan wawasan. Kebijaksanaan telah dianggap sebagai salah satu dari empat kebajikan utama; dan sebagai suatu kebajikan, itu adalah kebiasaan atau disposisi untuk melakukan tindakan dengan tingkat tertinggi dari kecukupan dalam keadaan apapun yang diberikan dengan keterbatasan kesalahan dalam tindakan yang diberikan. Ini menyiratkan memiliki pengetahuan, atau mencari pengetahuan untuk diterapkan pada keadaan tertentu. Hal ini melibatkan pemahaman tentang orang, benda, peristiwa, situasi, dan kemauan serta kemampuan untuk menerapkan persepsi, penilaian, dan tindakan sesuai dengan pemahaman tentang apa saja yang optimal tindakan. Hal ini sering membutuhkan kontrol dari reaksi emosional seseorang (yang "Kesukaan") sehingga prinsip universal alasan berlaku untuk menentukan tindakan seseorang. Singkatnya, kebijaksanaan adalah disposisi  untuk menemukan kebenaran ditambah dengan penilaian optimal untuk tindakan apa yang harus diambil.

Para peneliti di bidang psikologi positif telah menetapkan kebijaksanaan sebagai koordinasi "pengetahuan dan pengalaman". Kebijaksanaan lebih lanjut didefinisikan sebagai multidimensi dengan aspek berikut "sengaja menggunakan untuk meningkatkan kesejahteraan."

Pemecahan Masalah dengan pengetahuan diri dan tindakan yang berkelanjutan.
Kontekstual, ketulusan untuk keadaan dengan pengetahuan tentang aspek-aspek negatif dan positif (atau kendala).
Berdasarkan tindakan yang konsisten nilai dengan pengetahuan tentang keragaman pendapat etis.
Toleransi terhadap ketidakpastian dalam hidup dengan penerimaan tanpa syarat.
Empati dengan diri sendiri  untuk memahami  emosi  sendiri (atau harus berorientasi emosional), moral ... dll. dan lain-lain perasaan termasuk kemampuan untuk melihat diri sendiri sebagai bagian dari keseluruhan yang lebih besar.

Kebijaksanaan mengarahkan seseorang untuk mengatasi perasaan tidak berdaya, ketidakberdayaan, kemarahan atau agresi oleh non-pemahaman unsur eksternal dan pengakuan internal. Hal ini menyebabkan perubahan dari pengalaman berartinya untuk tujuan yang bermakna, prospek untuk mengatasi peristiwa kehidupan kritis dan untuk terlibat secara konstruktif dengan masalah kehidupan yang kompleks.

Dalam teologi Kristen, "kebijaksanaan" (Ibrani: chokhmah, Yunani: Sophia, Latin: Sapientia). Menggambarkan aspek Tuhan, atau konsep teologis mengenai hikmat Allah. Ada unsur oposisi dalam pemikiran Kristen antara hikmat sekuler dan kebijaksanaan Ilahi. Rasul Paulus menyatakan bahwa kebijaksanaan duniawi berpikir klaim Kristus menjadi kebodohan. Namun, bagi mereka yang "di jalan menuju keselamatan" Kristus merupakan hikmat Allah. (1 Korintus 1: 17-31) Juga, Kebijaksanaan adalah salah satu dari tujuh karunia Roh Kudus menurut Anglikan, keyakinan Katolik, dan Lutheran. 1 Korintus 12: 8-10 memberikan daftar alternatif dari sembilan karunia Roh Kudus, kebajikan, di antaranya kebijaksanaan adalah satu.

Kitab Amsal dalam Alkitab terutama berfokus pada kebijaksanaan, dan terutama ditulis oleh salah satu raja paling bijaksana menurut sejarah Yahudi, Raja Salomo. Amsal ditemukan di bagian Perjanjian Lama dari Alkitab dan ditulis dalam semacam cara puitis, memberikan arahan tentang bagaimana untuk menangani berbagai aspek kehidupan; hubungan seseorang dengan Tuhan, pernikahan, berurusan dengan keuangan, pekerjaan, persahabatan dan tekun dalam situasi sulit yang dihadapi dalam kehidupan.

Menurut Raja Salomo, kebijaksanaan diperoleh dari Allah. Amsal 2: 6. Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.  Amsal 2: 7. Ia menyediakan pertolongan bagi orang yang jujur, menjadi perisai bagi orang yang tidak bercela lakunya, 2:8 sambil menjaga jalan keadilan, dan memelihara jalan orang-orang-Nya yang setia.  Amsal 3: 5 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. 3:6 Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. Solomon pada dasarnya menyatakan bahwa dengan kebijaksanaan seseorang menerima dari Allah, seseorang akan dapat menemukan kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup.

Ada variabililitas dibandingkan dalam Amsal yang berisi paralel dari apa yang Allah mengasihi, yang bijaksana, dan apa yang Allah tidak menyukai, yang bodoh. Menurut Solomon, baik dan bijaksana di mata Allah, atau buruk dan bodoh, dan dalam melakukan hal-hal yang baik dan bijaksana, seseorang menjadi lebih dekat kepada Allah dengan hidup dengan cara yang terhormat dan baik.

Raja Salomo ajarannya kebijaksanaan dalam kitab Pengkhotbah, membahas eksplorasi dari makna kehidupan dan pemenuhan, karena ia berbicara tentang kehidupan kesenangan, pekerjaan, dan materialisme, namun menyimpulkan bahwa itu semua tidak berart atau kesia-siaan. Karena dengan banyak kebijaksanaan datang banyak kesedihan, yang lebih banyak pengetahuan, semakin kesedihan (Pengkhotbah 1: 2,18) Salomo menyimpulkan bahwa kesenangan semua kehidupan dan kekayaan, dan bahkan kebijaksanaan, tidak berarti apa-apa jika tidak ada hubungan dengan Allah.

Kitab Yakobus, yang ditulis oleh rasul James, versi Perjanjian Baru dari kitab Amsal, buku lain yang membahas kebijaksanaan. Ini menegaskan kembali pesan Amsal kebijaksanaan yang datang dari Allah. Yakobus 1: 5. Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, --yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit--,maka hal itu akan diberikan kepadanya. James juga menjelaskan bagaimana hikmat membantu seseorang mencapai bentuk lain dari kebajikan. Yakobus 3:17 Tetapi orang yang mempunyai kebijaksanaan yang berasal dari atas, ia pertama-tama sekali murni, kemudian suka berdamai, peramah, dan penurut. Ia penuh dengan belas kasihan dan menghasilkan perbuatan-perbuatan yang baik. Ia tidak memihak dan tidak berpura-pura. Selain itu, James berfokus pada menggunakan hikmat yang diberikan Allah ini untuk melakukan tindakan pelayanan yang kurang beruntung.

Bagian dari Amsal, Pengkhotbah, dan Yakobus, buku utama lainnya kebijaksanaan dalam Alkitab adalah Ayub, Mazmur, dan 1 dan 2 Korintus, yang memberikan pelajaran tentang mendapatkan dan menggunakan kebijaksanaan melalui situasi sulit. Tapi kebijaksanaan tidak terbatas hanya buku-buku ini dalam Alkitab, kata-kata bijak dapat ditemukan. Melalui saat teduh atau meditasi melalui membaca dan refleksi dari Alkitab dan bacaan lain yang menganalisis Alkitab, seseorang dapat memperoleh kebijaksanaan dalam rangka untuk membantu orang-orang Kristen menjadi lebih sadar, berwawasan dan bahagia dalam hidup.


Berpengalaman

Berpengalaman artinya memiliki keahlian atau ketrampilan atau pengetahuan karena Anda telah melakukan sesuatu berkali-kali. Pengalaman adalah pengetahuan atau penguasaan suatu peristiwa atau subjek diperoleh melalui keterlibatan dalam atau paparan itu. Istilah dalam filsafat, seperti "pengetahuan empiris" atau "pengetahuan posteriori," digunakan untuk merujuk pada pengetahuan berdasarkan pengalaman. Seseorang dengan pengalaman yang cukup dalam bidang tertentu dapat memperoleh reputasi sebagai konsep expert. Pengalaman umumnya mengacu pada pengetahuan atau pengetahuan prosedural, bukan pengetahuan proposisional: on-the-job training daripada buku-learning.

Interogasi terhadap pengalaman memiliki tradisi panjang dalam filsafat kontinental. Pengalaman memainkan peran penting dalam filsafat Soren Kierkegaard. Istilah Jerman Erfahrung, sering diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "pengalaman", memiliki implikasi yang sedikit berbeda, berarti juga koherensi dari pengalaman hidup.

Tradisi keagamaan tertentu (seperti Budha, Surat Shabd Yoga, mistisisme dan Pentakostalisme) dan paradigma pendidikan dengan, misalnya, pengkondisian merekrut-pelatihan militer (juga dikenal sebagai "kamp boot"), menekankan sifat pengalaman epistemologi manusia. Ini kontras dengan alternatif: tradisi dogma, logika atau penalaran. Peserta dalam kegiatan seperti pariwisata, olahraga ekstrim dan rekreasi penggunaan narkoba juga cenderung menekankan pentingnya pengalaman.

Sejarah pengalaman sejalan erat dengan konsep percobaan.

Kata "pengalaman" dapat merujuk, agak ambigu, baik untuk mental diproses segera dirasakan peristiwa serta kebijaksanaan diklaim diperoleh dalam refleksi berikutnya pada peristiwa-peristiwa atau interpretasi mereka.

Beberapa kebijaksanaan-pengalaman terakumulasi selama periode waktu, meskipun salah satu juga dapat mengalami (dan mendapatkan umum kebijaksanaan-pengalaman dari) peristiwa sesaat tunggal tertentu.

Pengalaman fisik terjadi setiap kali sebuah perubahan objek atau lingkungan. Dengan kata lain, pengalaman fisik berhubungan dengan diamati. Mereka tidak perlu melibatkan sifat modal atau pengalaman mental.

Pengalaman mental melibatkan aspek kecerdasan dan kesadaran dialami sebagai kombinasi pemikiran, persepsi, memori, emosi, dan imajinasi, termasuk semua proses kognitif sadar. Istilah ini dapat merujuk, dengan implikasi, untuk proses berpikir atau merenung. Pengalaman mental dan hubungannya dengan otak fisik merupakan wilayah perdebatan filosofis: beberapa teori identitas awalnya berpendapat  bahwa identitas otak dan mental diadakan hanya untuk beberapa sensasi. Kebanyakan teori, bagaimanapun, umum tampilan untuk mencakup semua pengalaman mental.

Matematikawan dapat memberikan contoh pengalaman mental kumulatif dalam pendekatan dan keterampilan yang mereka bekerja. Realisme matematika, seperti realisme pada umumnya, menyatakan bahwa entitas matematika ada secara independen dari pikiran manusia. Dengan demikian manusia tidak menciptakan matematika, melainkan menemukan dan mengalami itu, dan setiap makhluk cerdas lain di alam semesta mungkin akan melakukan hal yang sama. Sudut pandang ini menganggap hanya satu jenis matematika ditemukan; ia melihat segitiga, sudut kanan, dan kurva, misalnya, sebagai entitas yang nyata, bukan hanya kreasi dari pikiran manusia. Beberapa matematikawan bekerja telah menganut realisme matematika karena mereka melihat diri mereka mengalami yang terjadi secara alamiah benda. Contoh Paul Erdös dan Kurt Gödel. Gödel percaya realitas matematika objektif yang bisa dirasakan dengan cara yang analog untuk merasakan persepsi. Prinsip-prinsip tertentu (misalnya: untuk setiap dua benda, ada koleksi benda-benda yang terdiri dari tepat dua benda) bisa langsung dilihat untuk menjadi kenyataan, tetapi beberapa dugaan, seperti hipotesis kontinum, mungkin terbukti diputuskan hanya atas dasar prinsip tersebut. Gödel menunjukkan bahwa metodologi kuasi-empiris seperti pengalaman bisa memberikan bukti yang cukup untuk dapat menganggap wajar dugaan seperti itu. Dengan pengalaman, ada perbedaan tergantung pada apa jenis keberadaan seseorang yang mengambil entitas matematika untuk dimiliki, dan bagaimana kita tahu tentang mereka.

Manusia dapat merasionalisasi jatuh (dan keluar) cinta sebagai "pengalaman emosional". Masyarakat yang kurang perjodohan institusional dapat memanggil pengalaman emosional pada individu untuk mempengaruhi pasangan-pilihan. Konsep pengalaman emosional juga muncul dalam pengertian empati.

Mistikus bisa menggambarkan visi mereka sebagai "pengalaman spiritual". Namun, psikologi dan neuropsikologi dapat menjelaskan pengalaman yang sama dalam hal keadaan kesadaran yang berubah, yang mungkin terjadi tanpa sengaja melalui (misalnya) demam yang sangat tinggi, infeksi seperti meningitis, kurang tidur, puasa,  kekurangan oksigen, narkosis nitrogen (dalam diving), psikosis, epilepsi lobus temporal, atau kecelakaan traumatis. Orang juga dapat mencapai pengalaman tersebut lebih sengaja melalui praktik mistik diakui seperti kurang sensorik atau teknik pengendalian pikiran, hipnosis, meditasi, doa, atau disiplin mistis seperti meditasi mantra, yoga, tasawuf, mimpi yoga, atau surat Shabda yoga. Beberapa praktek mendorong pengalaman spiritual melalui konsumsi obat-obatan psikoaktif seperti alkohol dan opiat, tetapi lebih umum dengan tanaman entheogenic dan zat seperti ganja, salvia divinorum, jamur psilocybin, peyote, DXM, ayahuasca, atau datura. Cara lain untuk menginduksi pengalaman spiritual melalui kondisi kesadaran yang berubah melibatkan psychoacoustics, binaural beats, atau rangsangan cahaya-dan-suara. Yang paling gampang dan aman ekstasi adalah kepenuhan Roh Kudus. Anda dapat berbicara bahasa Roh, gerakan Roh, penglihatan Roh, dan macam-macam manifestasi Roh Kudus lainnya. Yang penting Anda harus memiliki Karunia Membedakan Roh, supaya tidak ditipu oleh roh penyesat.

Tumbuh dan hidup dalam masyarakat dapat mendorong perkembangan dan pengamatan pengalaman sosial. Pengalaman sosial menyediakan individu dengan keterampilan dan kebiasaan yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam masyarakat mereka sendiri, sebagai masyarakat itu sendiri terbentuk melalui sejumlah pengalaman bersama membentuk norma-norma, adat istiadat, nilai-nilai, tradisi, peran sosial, simbol dan bahasa. Pengalaman memainkan peran penting dalam kelompok experiential.

Menggunakan simulasi komputer dapat memungkinkan seseorang atau kelompok orang untuk memiliki pengalaman virtual dalam virtual reality. Role-playing game mengobati "pengalaman" (dan akuisisi) sebagai komoditas penting, terukur, dan berharga. Banyak peran-bermain video game, misalnya, unit fitur pengukuran yang digunakan untuk mengukur atau membantu perkembangan pemain-karakter melalui permainan - yang disebut pengalaman poin atau xp. Juga simulasi membantu membentuk pengalaman nyata.

Pengalaman subjektif dapat melibatkan keadaan subjektivitas individu, persepsi yang salah membangun keadaan sendiri realitas; realitas didasarkan pada interaksi seseorang dengan lingkungannya. Pengalaman subjektif tergantung pada kemampuan individu seseorang untuk mengolah data, untuk menyimpan dan internalisasi itu. Sebagai contoh: indra kita mengumpulkan data, yang kemudian kita proses sesuai dengan pemrograman biologis (genetik), neurologis jaringan-hubungan dan variabel lain seperti relativitas dll, yang semuanya mempengaruhi pengalaman pribadi kita dari situasi tertentu sedemikian merupakan cara untuk membuat itu subjektif.

Keluaran 18:21

Komentar Ellicott untuk Pembaca Inggris
(21) Memberikan keluar dari semua orang mampu manusia.-ini adalah inti dari nasihat Yitro. Tampaknya agak mengejutkan bahwa itu seharusnya diperlukan. Di Mesir, seperti dalam semua pemerintah menetap lainnya, sementara raja adalah air mancur keadilan, itu adat baginya untuk mendelegasikan tugas mendengar penyebab pejabat dari jajaran yang berbeda, yang memutuskan dalam ini atau itu kelas keluhan. Di Saudi praktek yang serupa tidak diragukan lagi berlaku. Yitro sendiri memiliki bawahannya, orang-orang kepala berbagai klan atau keluarga, yang dibuang fungsi peradilan "hal-hal kecil," dan dengan demikian sangat meringankan burthen yang dinyatakan akan beristirahat pada bahunya. Saran kepada Musa hanyalah bahwa ia harus mengadopsi ini umumnya membentuk sistem-satu yang termasuk periode sangat awal dalam sejarah bangsa.

Definisi Yitro dari "orang mampu" Manusia, yaitu, pas untuk melaksanakan peradilan kantor-menarik. Dia membutuhkan mereka untuk menjadi (1) takut akan Allah, (2) jujur, dan (3) orang integritas. Persyaratan kedua dan ketiga akan menyetujui diri untuk orang-orang dari segala zaman dan keadaan. pertama umumnya akan dianggap berlebihan. Tapi itu benar-benar terletak pada akar dari semua keunggulan karakter, dan merupakan titik terpenting.

Penguasa ribuan, dan penguasa ratusan.-Suatu organisasi dari seluruh orang pada sistem desimal tersirat dalam pengaturan yang disarankan. Organisasi semacam itu mungkin improbably telah ada pada saat yang sama sehubungan dengan pawai dan berkemah di dalam. Lihat Komentar pada Keluaran 13:18. Jethro berpikir bahwa itu mungkin dimanfaatkan untuk tujuan peradilan. Salah satu dari sepuluh mungkin kompeten untuk menilai di "hal-hal kecil." Jika salah satu pihak tidak puas, mungkin ada banding ke "penguasa lima puluh" -Dari dia "penguasa seratus," dan kemudian ke " penguasa Seribu." Dalam semua perselisihan biasa ini akan cukup, dan kontes tidak akan perlu dilakukan lebih lanjut.


MacLaren
Eksposisi Keluaran

Keadaanwan IDEAL

Keluaran 18:21.

Anda akan telah mengantisipasi tujuan saya dalam memilih teks ini. Saya harus melakukan kekerasan terhadap perasaan Anda dan jika saya tidak menyinggung acara yang telah bersatu Kekaisaran dan dunia dalam satu sentimen. Pohon besar telah jatuh, dan kecelakaan telah saat ini membungkam semua suara dari hutan. Perang di luar negeri dan kontroversi di rumah yang sunyi. Semua orang, dari semua sekolah pendapat, kepercayaan, dan pihak, lihat sekarang, di wajah tenang dari orang mati, kemiripan dengan orang besar tua; dan mengatakan sesuatu, dengan semua kesalahan, untuk kesehatan jantung, pendapat bahasa Inggris, bahwa segala macam dan kondisi manusia telah membawa karangan bunga sedih mereka untuk meletakkan mereka di peti mati itu.

Tapi, sementara banyak yang telah dikatakan, jauh lebih fasih dan otoritatif daripada aku bisa mengatakan itu, tentang banyak aspek kehidupan banyak sisi, pasti itu menjadi kita, sebagai orang Kristen, untuk melihat dari sudut pandang khas Kristen, dan untuk mengumpulkan beberapa pelajaran yang, dianggap, itu mengajarkan kita.

Teks saya adalah bagian dari saran cerdas Yitro, ayah-mertua-Musa, memberinya tentang jenis manusia yang dia harus memilih untuk menjadi pembantunya dalam pemerintahan sipil. Itu kuno, ungkapan sederhana dapat bersembunyi dari beberapa dari elevasi dan kelengkapan ideal yang ditetapkan. Tapi itu adalah yang ideal besar; dan di antara nama-nama besar dari Inggris yang telah membimbing nasib negeri ini, tak ada satupun yang mendekati lebih hampir itu dari dia yang kematiannya telah diambil kepribadian yang paling mencolok dari kehidupan publik kita.

Jadi saya meminta Anda untuk melihat dengan saya, pertama, pada ideal seorang politikus yang ditetapkan di sini.

Kehidupan bebas dari padang pasir, jauh dari tekanan-tekanan sekitarnya despotisme militer, bahwa konstitusi yang luar biasa dan antik dari klan, dengan semua loyalitas yang indah, telah memberikan sheikh Arab ini konsepsi jauh lebih mulia dari apa penguasa manusia itu dari dia bisa menemukan dicontohkan di istana Firaun; atau dari, sayangnya!, telah umum di banyak disebut keadaan-keadaan Kristen. Lapangan di mana ia bermaksud bahwa kualitas besar harus dilakukan adalah salah satu yang sangat terbatas, untuk mengelola urusan kecil dari segelintir buronan di padang gurun. Tetapi skala yang kita bekerja tidak ada hubungannya dengan prinsip-prinsip yang kita bekerja, dan hukum-hukum perspektif dan mewarnai adalah sama, apakah Anda melukis miniatur terkecil atau lukisan raksasa. Jadi apa yang dibutuhkan untuk mengelola kekhawatiran kecil pengembara Musa di padang gurun adalah ideal apa yang dibutuhkan untuk orang-orang yang mengarahkan urusan publik kerajaan di seluruh dunia.

Biarkan aku menjalankan lebih detail. Mereka harus 'manusia serba bisa,' atau, seperti aslinya memiliki itu, " kekuatan manusia." Ada dasar intelektual, dan terutama dasar kebersamaan, berani, kuat-ketetapan yang akan memahami keyakinan, dan, apa pun yang datang, akan mengikuti mereka ke kesimpulan mereka. Keadaanwan bukan salah satu yang menempatkan telinganya ke tanah untuk mendengar derap beberapa tuan rumah maju, dan kemudian membuat pikirannya untuk mengikuti jalan mereka; ia tidak sensitif terhadap angin bervariasi dari opini publik, juga tidak memangkas layarnya sesuai dengan mereka, tapi ia datang pada keyakinannya dengan pendekatan tangan-pertama untuk, dan meditasi pada, prinsip-prinsip besar yang membimbing, dan kemudian memegang mereka dengan kekuatan yang tidak dapat melemahkan, dan keberanian yang tidak dapat mengecilkan hati. ' Kekuatan manusia' adalah apa demokrasi seperti kita lakukan sebagian kebutuhan dalam pemimpin mereka; 'orang kuat, di tanah terang-terangan,' siapa yang tahu pikirannya sendiri, dan setia untuk selama-lamanya. Itu adalah permintaan yang besar.

Seperti takut Tuhan, ada rahasia kekuatan, tidak hanya mengacu pada kekuatan intelektual yang tidak tergantung untuk asal mereka, meskipun mereka mungkin untuk kesehatan dan kekuatan dari pekerjaan mereka, pada setiap sentimen agama, tetapi dalam berkenaan dengan semua kekuatan sejati. Dia yang akan mengatur orang lain pertama harus tuan atas dirinya sendiri, dan itu hanya adalah Tuhan sendiri yang secara sadar dan biasa menjadi hamba Allah. Sehingga apa pun yang abadi kita alami mulai dengannya, itu harus tinggi, dimurnikan, diperdalam, diperbesar, dengan kehadiran dalam kehidupan kita dari keyakinan agama yang mendalam dan penting. Itu benar tentang semua orang, pemimpin dan yang dipimpin, besar dan kecil. Itu adalah lanttai-panas di rumah kaca, karena itu, yang akan membuat lebih matang dan manis semua buah-buahan yang merupakan hasil alami dari kapasitas alami. Itu adalah jimat dan pesona yang akan membuat seorang manusia luput dari insiden godaan untuk posisinya dan insiden kelemahan untuk karakternya. Takut akan Allah mendasari kehidupan mulia. Yang tidak teori-hari. Kita kenal dengan fakta, dan akrab dengan doktrin dirumuskan dari itu, bahwa mungkin ada orang hidup yang kuat dan mulia dan pemimpin besar di banyak departemen aktivitas manusia tanpa referensi yang gaib. Ya, mungkin ada, tetapi mereka semua fragmen, dan manusia lengkap datang hanya ketika dipandu takut akan Tuhan, pemandu, pemimpin, impuls, polestar, regulator, korektor, dan inspirasi dari semua yang dia dan semua yang dia lakukan. Sumbernya takut akan Tuhan.

'Manusia jujur', yang, tentu saja, melirik cara bengkok yang termasuk tidak hanya untuk kekeadaanwanan Timur, tetapi tidak lebih dari itu. Dia yang memimpin orang-orang harus sendiri dipimpin oleh tergesa-gesa ingin mengikuti setelah, dan untuk menangkap, hal-hal yang sangat benar. Dan harus ada di dalam dirinya keinginan transparan yang jelas untuk membuatnya memiliki kesetiaan tertinggi, dalam  pengorbanan, dengan keyakinan fajar yang dapat tumbuh kepadanya. Hanya orang bodoh yang tidak berubah. Kesegaran antusiasme, dan kesetiaan pada keyakinan baru membuka pada seorang  manusia, untuk akhir hidupnya, yang tidak sedikit penting dari persyaratan dalam dirinya yang akan membujuk dan membimbing individu atau bangsa.

Membenci ketamakan, atau, seperti yang mungkin diberikan, keuntungan yang tidak adil. Referensi itu untuk 'meminyaki telapak tangan' hakim Timur dapat diambil dalam arti mulia. Jika seorang manusia berdiri sebagai pemimpin dari orang, dia harus jelas, seperti Samuel tua mengatakan bahwa dia, bebas dari semua yang dicurigai, memiliki mengikuti karirnya untuk segala bentuk keuntungan pribadi. Tangan Bersih, dan yang tidak hanya dari kotoran vulgar kekayaan, tapi dari keuntungan yang lebih halus yang dapat diperoleh dari posisi yang tinggi, dituntut dari pemimpin manusia.

Tersebut adalah ideal. Persyaratan yang tegas dan tinggi, dan mereka mengecualikan kutu yang menduduki  'politik,' seperti yang disebut, dan menyebabkan mereka untuk bau di banyak lubang hidung. Siasat diri mencari, yang bermata satu partisan, yang sinis yang tidak meyakini cita-cita dalam bentuk apa pun, yang penipu yang menganggap kebajikan dia tidak miliki, dan mulut sentimen mulia yang pergi  tidak lebih dari giginya, semuanya ditutup oleh mereka.  Doktrin bahwa seorang manusia bisa melakukan hal-hal kapasitas publik yang akan memalukan dalam kehidupan pribadi, namun mempertahankan kehormatan pribadinya untarnished, ditiup untuk atom dengan ideal ini. Hal ini banyak yang harus menyesal, dan dalam beberapa hal yang harus dicela, bahwa begitu banyak dari yang paling bijaksana, terbaik, dan kebanyakan manusia berpengaruh, berdiri terpisah dari kehidupan publik. Banyak yang disebabkan bias pribadi, lebih dari itu adalah karena tekanan dari tugas yang lebih menyenangkan, dan tidak sedikit dari itu karena mengabaikan ajaran ideal Yitro, dan degradasi kehidupan masyarakat yang memiliki pun terjadi demikian. Tapi ada orang-orang besar dalam sejarah kita yang hidupnya telah membantu untuk mengangkat ideal seorang keadaanwan, yang telah membuat sketsa rupa Yitro diuraikan, meskipun mereka mungkin tidak menggunakan kata-katanya, polestar mereka; dan di antara yang tertinggi ini telah menjadi orang yang merugikan kita, hari penuh ratapan.

Biarkan saya mencoba untuk membela bahwa ekspresi pendapat dalam satu atau dua kata. Saya tidak bisa berharap untuk bersaing dalam kasih karunia sastra, atau kelengkapan, dengan eulogi yang telah melimpah dicurahkan; dan saya tidak harus berpikir dengan benar untuk mengalihkan jam ibadah dari tema yang biasa, jika aku tidak punya lebih banyak daripada telah jauh lebih baik seribu kali di hari-hari terakhir kata. Tapi aku tidak bisa membantu melihat bahwa, meskipun telah ada konsensus kekaguman, dan menunjuk praktis bulat untuk, karakter setelah semua rahasia mantra yang Mr. Gladstone telah lakukan selama dua generasi, belum ada, karena sepertinya saya, sama dan karena menonjol diberikan kepada apa yang, dan apa yang ia sendiri akan mengatakan itu, akar sebenarnya dari karakter dan penyebab produktif prestasinya.

Jadi saya berani sekarang mengatakan satu atau dua kata tentang agama orang yang karena kesadaran sendiri mendasari semua bagian tubuhnya. Hal ini tidak bagi saya untuk berbicara, dan tidak perlu untuk berbicara, tentang pemberian alam yang luar biasa dan sama-sama luar biasa, peralatan banyak sisi pencapaian yang diperkaya orang kaya, tanah alami. Intermeddling seperti yang ia lakukan dengan semua pengetahuan, ia tentu harus telah seorang amatir dalam banyak mata pelajaran di mana ia bergegas dengan semangat murah hati tersebut. Tapi tidak kurang adalah contoh semua keserakahan omnivora dari segala sesuatu yang dikenal, protes, sangat diperlukan hari ini, terhadap kejahatan yang mungkin dari suatu yang berlebihan yang mengkhususkan diri memanfaatkan  kemajuan pengetahuan di semua departemen tampaknya tidak terelakkan. Saya tidak perlu berbicara, baik, dari aliran, dan kadang-kadang torrent, kefasihan pernah di perintah, maupun dari  kekuatan lentur dan berotot  luar biasa lincah, serta besar, pikiran; atau harus saya katakan lebih dari satu kata tentang kombinasi yang luar biasa dari kualitas sehingga umumnya diadakan dan melihat tidak sesuai, yang dimasukkan ke dalam satu kepribadian seorang jenius  angka ilmu hitung kering dan jenius antusiasme dan simpati dengan semua yang tertindas. Semua hal ini telah dikatakan jauh lebih baik daripada yang bisa saya katakan tentang mereka, dan saya tidak mengulanginya lagi.

Tapi saya ingin palu keyakinan ini salah dalam hati Anda dan saya sendiri, bahwa rahasia terdalam dari kehidupan mulia, semua  kekayaan kapasitas, semua beban belajar, yang menanggung ringan seperti bunga, adalah fakta bahwa manusia itu, dengan sangat dalam  sifatnya, seorang Kristen yang taat. Dia akan menjadi mampu, fasih, dan semua sisanya, jika ia telah kafir. Tapi dia tidak akan pernah melakukan apa  yang dia lakukan, dan ia tidak akan pernah meninggalkan berkat kepribadian yang mengesankan dan tinggi pada seluruh bangsa dan dunia, jika di bawah intelek ada karakter, dan di bawah karakter Kristen.

Dia jauh, pada sambungan gerejawi, dari kami Nonkonformis, dan ia memegang pendapat dalam hal beberapa pertanyaan gerejawi yang sangat penting yang dipotong lurus beberapa keyakinan kita yang terdalam. Kami tidak pernah mencari banyak bantuan dari tangannya, karena suasana intelektual dihapus jauh dari simpati dengan banyak kebenaran yang tersayang kepada anggota Free Injili Gereja. Tapi tidak kurang kita mengakui dalam dirinya seorang saudara dalam Yesus Kristus, dan bersukacita bahwa ada, di tempat-tempat yang tinggi dari generasi ceroboh dan skeptis, ada berdiri seorang manusia Kristen.

Dalam hubungan ini saya tidak bisa tidak, meskipun saya tidak punya hak untuk melakukannya, mengungkapkan betapa amat bersyukur saya, untuk satu, adalah untuk Perdana Menteri sekarang dari Inggris yang di eulogium singkat, saya akan mengatakan, rival kuatnya, ia mengakhiri semua dengan deklarasi tegas bahwa Mr. Gladstone adalah, pertama dan terutama, seorang manusia Kristen yang besar.  Iya; ada rahasia, seperti yang telah saya katakan, bukan hanya dari keunggulan politiknya, tapi penghormatan yang universal yang bangsa ungkapkan sehari-hari. Semua fitnah dibungkam, dan semua fitnah telah menjatuhkan diri, sebagai kotoran dari sayap putih angsa melonjak, dan dengan satu suara Kekaisaran dan dunia mengakui bahwa dia adalah seorang yang besar dan orang yang baik.

Saya tidak perlu memikirkan secara rinci pada pikiran bagaimana, dengan alasan takut didasarkan dalam Tuhan, kualifikasi lain yang membuat sketsa ideal kita menemukan realisasinya dalam dirinya; bagaimana orang-orang yang, sepanjang karirnya, tersenyum paling antusiasme yang berurutan yang dimonopoli pikirannya, dan kadang-kadang di kontras antara ini, sekarang siap untuk mengakui bahwa, apakah antusiasme yang benar atau salah, ada sesuatu yang mulia dalam tontonan seorang manusia yang pernah menjaga pikirannya, bahkan ketika windows mulai diredupkan oleh salju usia, terbuka untuk balok kebenaran baru. Dan yang paling besar, karena beberapa orang berpikir, blunder politik, seperti yang kita mulai, kita semua, untuk mengenali, sekarang bahwa perselisihan partai sunyi, adalah konsekuensi langsung dari antusiasme pernah segar dan awet muda untuk pengalaman baru dan baris baru aksi. Inovator berusia delapan puluh tidak terlalu banyak.

Juga perlu saya katakan lebih dari satu kata tentang bagian lain dari ideal, 'membenci ketamakan.' Pemberi kolega umur oleh gantang mati rakyat biasa. Orang yang memiliki segala yang diperintah tidak membuat uang, atau apa pun, dari tahun lama jabatannya, kecuali kepuasan memiliki yang diizinkan untuk membuat apa yang dia yakini menjadi yang tertinggi dari pelayanan kepada bangsa, bahwa ia menkasihi begitu baik . Seperti  tetangga pada suatu ketika, biasa besar lainnya, John Bright, ia hidup di antara orang-orangnya sendiri; dan seperti Samuel, dari siapa saya telah berbicara, dia bisa berbaring tangan tua dan berkata, “Mereka bersih”. Satu hampir merasa seolah-olah, hidup seperti itu, pemakaman Negeri  di  Westminster Abbey adalah sama dan sebangun. Satu telah lebih suka melihat dia meletakkan di antara penduduk desa yang rendah hati para  teman-teman dan sahabatnya, dan di gereja tenang yang langkahnya telah begitu sering dilalui. Tetapi pada semua peristiwa yang ideal itu terwujud, dan kita semua tahu apa itu.

Mungkin saya mengatakan satu kata lagi? Sebagai tokoh besar ini melewati keluar dari pandangan manusia untuk pekerjaan yang lebih mulia, pastikan, di cakrawala melebar sesuai dengan kekuatannya mengajari dan dilaksanakan, apakah dia tidak meninggalkan pelajaran bagi kita? Dia meninggalkan satu sangat jelas, satu jelek, dan itu adalah, “Bekerja sementara itu disebut hari”. Tidak ada kemewahan endowment tergoda manusia ini untuk kemalasan, dan tidak ada kemiskinan abadi akan memaafkan  kita  untuk kemalasan. Pekerjaan adalah hukum kehidupan kita; dan lebih tinggi kita berbakat, semakin kita terikat untuk melayani.

Dia meninggalkan kita pelajaran lain. Ikuti keyakinan mereka yang  membuka sebelum Anda, dan tidak pernah berpikir bahwa Anda telah cukup tumbuh, atau telah mencapai tahap akhir Anda.

Dia meninggalkan pelajaran lain. Jangan mengira bahwa Injil Yesus Kristus tidak dapat memuaskan intelek paling tajam, juga mendominasi  kehendak kuat. Ini telah datang untuk menjadi tanda sempitnya dan fossilhood menjadi percaya yang taat di dalam Kristus dan Salib-Nya. Beberapa dari Anda pemuda membuat reputasi mudah bagi kepintaran dan maju berpikir dengan proses yang singkat dan sederhana,  tidak percaya apa yang ibu Anda mengajarkan Anda. Berikut adalah manusia, mungkin sebagai besar seperti Anda, dengan sebagai tajam intelek, dan ia menempel Salib Kristus, dan memiliki untuk hymn- favoritnya

Rock of Ages, sumbing bagi saya, Biarkan aku menyembunyikan diri di dalam Engkau. '

Dia meninggalkan pelajaran lain. Jika Anda ingin membuat karakter Anda semua yang ada di dalamnya harus dibuat, Anda harus, seperti dia, pergi ke Yesus Kristus, dan mengajar Anda dan menginspirasi Anda dari Tuhan yang besar. Kita tidak bisa semua menjadi orang besar. Lupakan. Hal ini karakter yang menceritakan; kita semua bisa menjadi manusia yang baik, dan kita semua bisa menjadi manusia Kristen. Dan apakah kita membangun cottage atau istana, jika kita membangun satu landasan, dan hanya jika kita lakukan, mereka akan berdiri.

Musa meninggalkan pelajaran lain, karena ia meluncur ke masa lalu. Orang ini, setelah melayani generasinya oleh kehendak Allah, jatuh pada tidur, dan berkumpul untuk ayahnya, dan melihat korupsi; tetapi Dia yang Allah telah bangkitkan melihat ada korupsi. Lampu yang padam, matahari bersinar. Musa meninggal, Para nabi, apakah mereka hidup untuk selama-lamanya?  Tetapi ketika Musa dan Elias memudar dari Bukit Transfigurasi,  para rasul melihat tidak ada orang lagi selain Yesus saja,  dan mendengar suara berkata, "Inilah Anak-Ku yang terkasih; dengarkanlah Dia”.


Komentar Concise Matthew Henry
Keluaran 18: 13-27 Berikut adalah semangat besar dan kerja keras Musa sebagai hakim. Setelah digunakan untuk menebus Israel keluar dari perbudakan, ia adalah jenis lebih lanjut dari Kristus, bahwa ia dipekerjakan sebagai pemberi  hukum dan hakim di antara mereka. Jika orang-orang yang satu bertengkar dengan yang lain, karena mereka dengan Allah, tidak diragukan lagi Musa memiliki banyak penyebab dibawa ke hadapannya. Musa dipanggil untuk urusan ini; tampak bahwa ia melakukannya dengan hati-hati dan kebaikan. Orang Israel yang paling kejam dipersilahkan untuk membawa penyebab ke hadapan dia. Musa terus untuk mengurusi tugasnya dari pagi sampai malam. Yitro pikir itu terlalu banyak baginya untuk melakukan sendirian; juga akan membuat administrasi peradilan melelahkan untuk orang-orang. Mungkin ada yang lebih baik dilakukan bahkan dalam berbuat baik. Kebijaksanaan adalah menguntungkan untuk mengarahkan. Kita mungkin tidak berpuas diri dengan kekurangan dari tugas kita, atau tugas diri melampaui kekuatan kita. Yitro menyarankan Musa untuk rencana yang lebih baik. Orang-orang besar tidak hanya belajar untuk menjadi berguna sendiri, tetapi merancang untuk membuat orang lain juga berguna. Perawatan harus diambil dalam memilih orang-orang yang mengaku siap menjadi kepercayaan seperti itu. Mereka harus orang dengan akal sehat, yang mengerti urusannya, dan yang tidak akan gentar dengan mengerutkan kening atau berkoar, tapi membenci pikiran suap. Manusia saleh dan beragama; seperti rasa takut Tuhan, yang tidak berani melakukan hal dasar, meskipun mereka bisa melakukannya secara diam-diam dan aman. Takut akan Allah adalah alat yang terbaik yang akan membentengi seorang manusia terhadap godaan ketidakadilan. Musa tidak membenci nasihat ini. Mereka adalah tidak bijaksana, yang menganggap diri mereka terlalu bijaksana untuk dinasihati.


Catatan  di  Bible  Barnes
Manusia mampu - Kualifikasi yang sangat lengkap, kemampuan, kesalehan, kejujuran, dan tidak egois. Dari Ulangan 1:13, tampak bahwa Musa meninggalkan pemilihan orang-orang ke orang, contoh diikuti oleh para Rasul; lihat Kisah Para Rasul 6: 3.
Penguasa ribuan ... -Nomor tampak konvensional, sesuai hampir, tapi tidak persis, dengan militer, atau divisi sipil rakyat: divisi terbesar (1.000) digunakan sebagai setara dengan gens di bawah satu kepala, Bilangan 1:16; 10: 4; Joshua 22:14.

Kata "penguasa,"  kadang-kadang diberikan "pangeran," adalah umum, termasuk semua jajaran pejabat ditempatkan dalam perintah. Kata yang sama digunakan secara teratur pada monumen Mesir zaman Musa.

Commentary Bible Jamieson-Fausset-Brown
Ayah mertua Musa berkata kepadanya, hal tersebut ... tidak baik-tidak baik, baik untuk Musa sendiri, untuk pemeliharaan keadilan, atau untuk kepuasan dan kepentingan rakyat. Yitro memberikan nasihat yang bijaksana untuk pembagian kerja [Ex 18:21, 22], dan pengalaman universal dalam Gereja dan Keadaan telah dibuktikan tingkat kesehatan dan keuntungan dari prinsip ini.

Komentar Matthew Poole
Manusia mampu, Ibr. Kekuatan orang-orang, bukan untuk kekuatan tubuh, tetapi untuk kebesaran, resolusi, keberanian, dan keteguhan pikiran, yang merupakan pengawet terbaik terhadap keberpihakan dan korupsi di pengadilan, manusia yang  pikiran kecil, atau jiwa yang sempit, mudah terombang-ambing oleh ketakutan, atau harapan, atau hadiah.

Seperti takut Allah; yang akan menahan mereka dari segala ketidakadilan, bahkan ketika mereka memiliki kemampuan dan kesempatan untuk melakukan salah jadi licik atau kuat bahwa mereka dapat melarikan diri dari pengamatan dan kecaman dari manusia lain.

Manusia benar, atau, iman, atau yang setia, seperti kasih kebenaran, dan rajin tenaga kerja untuk menemukan itu di semua penyebab, dan kemudian menjatuhkan hukuman benar dan adil; sama sekali tidak menghormati orang, tetapi hanya kebenaran dan hak penyebabnya; seperti kebohongan kebencian dan fitnah, dan akan menegur dan menghukum mereka.  Membenci ketamakan: ini, meskipun termasuk dalam bekas, terutama diungkapkan, karena hadiah dan suap adalah koruptor besar hakim dan pengadilan.

Eksposisi Gill dari Seluruh Bible
Selain itu, engkau akan memberikan jalan keluar untuk semua orang, .... Atau melihat keluar dari kalangan mereka; lihat Kisah Para Rasul 6: 3,
manusia mampu; atau "kekuasaan orang "; berarti tidak begitu banyak orang-orang kuat dan kokoh konstitusi, yang, sebagai Aben Ezra mengatakan, mampu menanggung tenaga kerja; tapi pria yang memiliki kekuatan jantung, seperti Ben Gersom mengungkapkan hal itu, orang-orang semangat dan berani, dan tidak takut untuk melakukan keadilan, untuk menekan wakil, dan wajah kebajikan; atau, seperti Maimonides berkata, memiliki hati yang kuat, atau keberanian dan keberanian untuk memberikan tertindas kelepasan dari tangan penindas. Jarchi menafsirkannya dari orang-orang kaya, orang-orang dari substansi, yang tidak perlu menyanjung, atau bermain munafik, dan untuk mengetahui wajah manusia:

Seperti takut Allah; yang memiliki rasa takut akan Tuhan, dan hati mereka, dalam semua yang mereka lakukan, dan karena itu tidak dapat melakukan hal-hal yang orang lain lakukan, yang miskin itu; tidak bisa memberikan penyebab dengan cara yang salah sengaja, atau memutarbalikkan penghakiman, dan merupakan kebalikan dari karakter hakim yang tidak adil, yang tidak takut akan Allah atau orang dianggap seperti itu, Lukas 18: 2,

Manusia kebenaran; manusia sejati, tulus, tegak, dan manusia yang setia, yang kasih kebenaran dan benci kebohongan dan kepalsuan, dan akan mengambil beberapa rasa sakit untuk mendapatkan kebenaran dari penyebab, untuk menanyakan di mana itu terletak, dan mengejar dan mendorong itu di mana ditemukan, dan mencegah ke kepalsuan ujung, kebohongan, dan sumpah palsu:
Membenci ketamakan; dalam diri mereka sendiri dan orang lain, fulus, secara haram, mamon ketidakbenaran, sehingga tidak akan disuap dan rusak, dan melaksanakan penghakiman yang salah demi uang:

dan tempat tersebut selama mereka untuk menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh; berarti pengadilan peradilan, yang terdiri dari sejumlah hakim, pengadilan tersebut tidak pernah memiliki seribu hakim atas bangku sekaligus; pengadilan tertinggi peradilan yang pernah ada di antara orang-orang Yahudi, yang lama setelah waktu ini, terdiri tetapi dari tujuh puluh atau tujuh puluh satu: tapi akal adalah, bahwa masing-masing harus memiliki sejumlah orang, atau lebih tepatnya keluarga, di bawah mereka peduli, yang, ketika mereka diterapkan kepada mereka untuk keadilan, harus setia mengelola kepada mereka; Lihat Gill pada Keluaran 18:25.

Geneva Study Bible
Selain itu haruslah memberikan keluar dari semua orang {i} orang mampu, seperti rasa takut Tuhan, manusia kebenaran, membenci  ketamakan; dan menempatkan seperti atas mereka, menjadi pemimpin seribu orang, dan pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh:
Apa cara manusia harus dipilih untuk menanggung jabatan.


Penafsiran eksegesis (BAHASA ASLI)
Bible Cambridge untuk Sekolah dan Kolese

21. Amati penekanan diletakkan pada kualifikasi moral para hakim yang dipilih.

menyediakan] pemakaian aneh. The Ibr. kata itu sendiri (חזה, 'melihat') sangat tidak biasa dalam bentuk prosa; dan tidak pernah di tempat lain terjadi dalam arti melihat keluar, memberikan. Kata biasa untuk 'melihat' (ראה) terjadi dalam arti yang sama Kejadian 22: 8; Kejadian 41:33, dan di tempat lain. E menggunakan kata-kata kadang-kadang langka.

mampu] atau, mampu, layak: ekspresi menyiratkan efisiensi moral dan fisik, bukan kemampuan intelektual: itu diberikan layak, 1 Raja-raja 01:42; 1 Raja-raja 01:52, berbudi luhur, Ruth 3:11, Amsal 12: 4; dan sering gagah berani, karena 1 Samuel 14:52.

penguasa] atau, pengawas (lih Keluaran 1:11): '. kapten' dalam Ulangan 1:15 diberikan kata diterjemahkan 'penguasa' dalam Keluaran 16:22. Kecuali dalam Ulangan 01:15 (diulang dari sini), kata (sar), jika diikuti oleh 'ribu,' & c., Hanya digunakan dalam hubungan dengan tentara, yang kemudian diberikan 'kapten' (1 Samuel 08:12 , 2 Raja-raja 1: 9: 'kapten puluhan,' namun, hanya terjadi di sini dan Ulangan 1:15). Seperti  suatu organisasi orang-orang untuk tujuan peradilan tampaknya aneh; dan sulit untuk memahami bagaimana itu akan bekerja praktis. Jika sepuluh, lima puluh, & c. berarti begitu banyak individu, jumlah hakim yang diangkat tampak berlebihan; karena itu telah seharusnya (meskipun tidak ada dalam teks untuk menyarankan itu) angka-angka tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan bukan individu, tetapi kepala keluarga: tetapi meskipun demikian, karena setiap individu Israel akan menjadi milik tampaknya untuk empat kelompok, dan berada di bawah yurisdiksi empat hakim, tidak jelas mana hakim kasus-kasus tertentu akan datang di hadapan persidangan.

21-23. Tapi semua kasus-kasus kecil Yitro menasihati dia tidak lagi berurusan dengan dirinya sendiri, tetapi untuk meninggalkannya dan mendelegasikan kepada keputusan hakim bawahan yang ditunjuk untuk tujuan tersebut.


Komentar mimbar
Ayat 21. - manusia Mampu. Secara harfiah, "orang-orang kuat" - yaitu, kapasitas atau kemampuan - manusia yang kompeten untuk jabatan hakim; yang ditetapkan lebih lanjut untuk menjadi, seperti memiliki tiga kualitas kesalehan, kejujuran, dan kejujuran yang ketat, atau incorruptness. konsepsi Yitro dari karakter peradilan benar meninggalkan sedikit yang diinginkan. Jika di antara setiap sepuluh Israel ada satu orang tersebut, kondisi moral bangsa bisa tidak begitu banyak tertekan oleh perbudakan Mesir seperti yang kadang-kadang direpresentasikan. Tempatkan mereka untuk menjadi pemimpin seribu orang, dll Suatu organisasi desimal alami menyediakan dirinya untuk pikiran manusia sebagai yang paling sederhana dalam keadaan sederhana masyarakat, dan mungkin sudah digunakan di antara suku-suku Arab dengan siapa Yitro akrab. Seri lulus - pemimpin sepuluh, lima puluh, ratusan, dan ribuan, menyiratkan kekuatan tarik tiga kali lipat, dari "penguasa sepuluh" ke "penguasa lima puluh" - dari dia untuk "penguasa ratus "- dan dari dia ke " penguasa seribu " Apakah ada banding dari terakhir bernama Musa, diragukan. Mungkin tidak ada; Musa memutuskan kasus-kasus hanya yang "penguasa ribu" bagi dirinya sebagai khusus kasus sulit atau penting.


Komentar Bible Keil dan Delitzsch di Perjanjian Lama
Hari berikutnya Yitro melihat bagaimana Musa duduk dari pagi sampai malam dalam mengadili orang, yang membawa semua perselisihan mereka kepadanya, supaya ia mungkin menetapkan kasus mereka sesuai dengan ketetapan Allah. על עמד: seperti dalam Kejadian 18: 8. Orang-orang datang kepada Musa "untuk mencari atau menanyakan Allah" (Kejadian 18:15), yaitu, untuk meminta keputusan dari Tuhan: dalam banyak kasus, ini berarti untuk menanyakan melalui oracle; di sini itu menandakan keinginan keputusan ilahi untuk pertanyaan dalam sengketa. Dengan menilai atau memutuskan kasus-kasus yang dibawa kepada dia, Musa memberitahukan kepada orang tata cara dan hukum-hukum Allah. Untuk setiap keputusan didasarkan pada beberapa hukum, yang, seperti semua hukum yang benar di bumi, berasal pertama-tama dari Allah. Ini adalah arti dari Kejadian 18:16, dan tidak, sebagai Knobel mengandaikan, bahwa Musa membuat penggunaan pertanyaan dalam sengketa, pada saat mereka memutuskan, sebagai kesempatan yang baik untuk memberikan hukum kepada orang-orang. Yitro mengkritik rencana ini (Kejadian 18:18.) Sebagai melelahkan, mengenakan keluar (נבל menyala, memudar, Mazmur 37: 2), baik untuk Musa dan orang-orang: untuk yang terakhir, karena mereka tidak hanya keletihan karena menunggu lama, tapi, kalau dilihat dari Kejadian 18:23, sangat sering mulai mengambil  hukum ke tangan mereka sendiri karena keterlambatan dalam keputusan hukum, dan begitu menggerogoti  kesejahteraan masyarakat luas; dan untuk Musa, karena pekerjaan itu tentu terlalu besar untuk dia, dan dia tidak bisa melanjutkan untuk waktu yang lama untuk mempertahankan beban seperti itu sendiri (Kejadian 18:18). Bentuk usang inf tersebut. const. עשׂהוּ untuk עשׂתו hanya digunakan di sini, tapi bukan tanpa analogi dalam Pentateukh. Yitro menyarankan dia (Kejadian 18:19.) Mengangkat dinilai dari orang untuk segala hal yang kecil dalam sengketa, sehingga di masa depan hanya kasus-kasus yang lebih sulit, yang benar-benar membutuhkan keputusan yang unggul atau ilahi, akan dibawa ke dia bahwa dia mungkin meletakkan mereka di hadapan Allah. "Aku akan memberikan kepadamu nasihat, dan Tuhan menyertai engkau (yaitu, membantu engkau untuk melaksanakan saran ini): Jadilah engkau kepada orang-orang האלהים מוּל, menuju Tuhan," yaitu, berbaring urusan mereka di hadapan Allah, mengambil tempat Allah dalam hal penghakiman, atau, seperti Luther mengungkapkan hal itu, "mengambil alih orang-orang di hadapan Allah." Untuk tujuan ini, di tempat pertama, ia menginstruksikan orang-orang sesuai perintah-perintah Allah, dan berjalan sendiri dan melakukan (הזהיר dengan akusatif ganda, untuk mencerahkan, menginstruksikan; שדרך berjalan, seluruh perilaku; מעשׂה tindakan tertentu ); kedua, dia memilih manusia mampu (חיל אנשׁי orang kekuatan moral, 1 Raja-raja 1:52) sebagai hakim, manusia yang takut akan Allah, tulus, dan tidak mementingkan diri sendiri (gain-membenci), dan menetapkan mereka untuk menegakkan keadilan dengan orang, dengan memutuskan hal-hal sederhana sendiri, dan hanya mengacu pada pertanyaan yang lebih sulit untuk dia, dan untuk meringankan tugas-tugasnya sendiri dengan berbagi beban dengan hakim ini. מעליך הקל (Kejadian 18:22) "membuat terang (yang yang terletak) atasmu." Jika dia akan melakukan ini, dan Allah akan perintah, dia akan mampu berdiri, dan orang-orang akan datang ke tempat mereka, yaitu, ke Kanaan, dalam kondisi baik (בּשׁלום). apodosis tidak dapat dimulai dengan וצוּך, "maka Allah akan membangun engkau," untuk צוּה tidak pernah memiliki arti ini; tetapi gagasan adalah ini, "jika Tuhan harus memimpin pelaksanaan rencana yang diusulkan."


ULANGAN 1:15

Ekspositori (ENGLISH ALKITAB)

Benson Commentary
Ulangan 1:15. Jadi saya mengambil kepala - Tidak dalam otoritas, tetapi dalam kewenangan untuk memerintah. Dan petugas - petugas Inferior, yang menghadiri pada hakim superior, dan untuk melaksanakan keputusan mereka.

Komentar Concise Matthew Henry
1: 9-18 Musa mengingatkan orang-orang dari konstitusi bahagia pemerintah mereka, yang mungkin membuat mereka semua aman dan mudah, jika itu bukan kesalahan mereka sendiri. Dia memiliki pemenuhan janji Allah kepada Abraham, dan berdoa untuk pemenuhan lanjut dari itu. Kami tidak sempitlah dalam kuasa dan kebaikan Allah; mengapa kita harus sempitlah dalam iman dan pengharapan kita sendiri? Hukum yang baik diberikan kepada orang Israel, dan laki-laki yang baik adalah untuk melihat ke eksekusi mereka, yang menunjukkan kebaikan Tuhan kepada mereka, dan perawatan Musa.

Catatan 'di Alkitab  Barnes
Penunjukan ini dari "kapten" (bandingkan Keluaran 18:21 ff) tidak harus bingung dengan yang tua-tua dalam Bilangan 11:16 ff. Majelias Tua-Tua akan berjumlah 78.600; yang terakhir adalah 70 saja.
Perbandingan antara bagian ini dan yang dalam Keluaran membuat jelas bahwa Musa hanya menyentuh pada bagian-bagian tertentu dari seluruh sejarah, tanpa memperhatikan urutan waktu, tetapi dengan tujuan khusus. Pengaturan ini penting bagi pemerintah baik dari orang terjadi sebelum mereka meninggalkan Horeb untuk berbaris langsung ke tanah yang dijanjikan. Fakta ini menetapkan lebih jelas sebelum kita tipu muslihat dan tidak tahu berterima kasih dari orang-orang, yang orator berikutnya melewati; dan menunjukkan,  apa yang ia ingin mengesankan, bahwa kesalahan keterlambatan 40 tahun beristirahat hanya dengan diri mereka sendiri!

Commentary Alkitab  Jamieson-Fausset-Brown
10. kamu hari ini sebagai bintang di langit-ini bukanlah suatu hiperbola Oriental maupun bermegah kosong belaka. Abraham diberitahu (Ge 15: 5, 6) untuk melihat ke bintang-bintang, dan meskipun mereka "muncul" tak terhitung, namun yang terlihat oleh jumlah mata telanjang, pada kenyataannya, tidak lebih dari tiga ribu sepuluh di kedua belahan otak.  Israel sudah jauh melebihi jumlah itu, yang pada sensus terakhir di atas enam ratus ribu [Bilangan 26:51]. Itu kenang-kenangan pd waktunya, dihitung untuk menghidupkan iman mereka dalam pemenuhan bagian lain dari janji ilahi.


Komentar Matthew Poole

Kepala, tidak berwenang, yang belum mereka tidak, tetapi dalam delegasi untuk pemerintahan yang baik.

Dan petugas; petugas rendah, yang menghadiri pada hakim superior, dan untuk melaksanakan keputusan mereka.

Eksposisi Gill dari Seluruh Alkitab
Jadi  saya mengambil kepala suku Anda,  orang-orang bijak, dan dikenal, .... Orang-orang utama di antara mereka, yang luar biasa dan terkenal karena kebijaksanaan dan pemahaman mereka, siapa orang yang disajikan kepadanya: dan membuat mereka memimpin lebih dari Anda; penguasa mereka, sebagai berikut:

kapten ribuan, dan kapten dari ratusan, dan kapten lima puluhan, dan kapten puluhan; lihat Keluaran 18:21.

dan petugas di antara suku-suku Anda; yang Jarchi menafsirkan sehingga mengikat penjahat dan mencambuk mereka, sesuai dengan Keputusan hakim, bahkan para algojo keadilan; dan orang-orang Yahudi biasa memahami mereka untuk menjadi itu, meskipun beberapa berpikir mereka hakim juga.

Geneva Study Bible
Jadi saya mengambil kepala suku Anda, {l} orang bijak, dan dikenal, dan membuat mereka menjadi kepala atas kamu, kapten ribuan, dan kapten ratusan, dan kapten lima puluhan, dan kapten puluhan, dan petugas di antara suku-suku Anda.
Mendeklarasikan macam apa orang harus memiliki muatan umum, membaca Kel 18:21.


Penafsiran (ORIGINAL BAHASA)
Cambridge Alkitab untuk Sekolah dan Kolese

15. kepala suku Anda] LXX, dari Anda, baik mewakili Ibr asli. membaca atau perbaikan yang Gk penerjemah dari teks yang sulit. Di tanah yang Ibr ini. membaca konflik dengan Ulangan 1:13 dan berarti dalam kaitannya dengan sisa ayat ini (itu menjadi tidak mungkin bahwa Musa akan mengatakan, bahwa ia mengambil kepala suku untuk membuat mereka menjadi kepala atas Anda), beberapa akan menghapus kata-kata. Tapi ayat ini, meskipun canggung, mungkin berarti bahwa Musa mengambil orang-orang terpilih dalam berbagai suku (Ulangan 1:13) dan membuat mereka kepala dengan fungsi peradilan dalam organisasi nasional baru yang sekarang dia lembagakan: sehingga dalam E, Keluaran 18:25, ia mengatur mereka kepala atas bangsa itu, secara keseluruhan.

kapten ribu, ratusan, lima puluhan, puluhan] Kapten, Ibr. Sarim. Jadi E, Exodus 18:21; Keluaran 18:25. Tapi tidak ada juga di sini adalah arti yang jelas. Di bawah monarki ada Sarim militer ribu, ratusan, dan lima puluhan (1 Samuel 08:12; 1 Samuel 17:18; 2 Samuel 18: 1; 2 Raja-raja 1: 9 ff; 2 Raja-raja 11: 4; Yesaya 3: 3 ); bahwa tidak ada Sarim puluhan disebutkan tidak berarti bahwa mereka tidak ada, untuk pemberitahuan dari yang lain insidental. Apakah Sarim militer seperti sudah ada di saat pengembaraan Israel, dan itu berarti, di sini dan dalam Keluaran 18, bahwa kepala dipilih secara populer mengambil judul militer seperti pada janji mereka? Atau yang militer ini menempati urutan pertama dilembagakan di bawah monarki, ketika tentara nasional yang diselenggarakan mengambil tempat pungutan suku tua, dan memiliki penulis E dan D (cp P, Bilangan 31:14;. Bilangan 31:28) hanya tercermin lembaga ini kali mereka sendiri kembali pada periode mengembara itu? Atau kita untuk memegang dengan Steuernagel bahwa meskipun Keluaran 18: 13-26 penawaran sepanjang dengan lembaga hakim ulasan Ulangan ini, Ulangan 1: 9-15, menceritakan pengangkatan bukan dari hakim tetapi perwira militer dan administrasi dan bahwa kita mencapai hakim hanya dalam Ulangan 1:16, di mana gelar pertama mereka terjadi dan di mana paragraf baru ditandai dengan berulangnya rumus, dan pada saat itu? Untuk mendukung pandangannya, Steuernagel menuduh bahwa hanya kualitas intelektual yang diperlukan untuk petugas dibahas dalam Ulangan 1: 9-15, sedangkan dalam Keluaran 18:13 ff, di mana hakim dimaksudkan memiliki seluruh persyaratan yang moral.. Tapi saat ini kita sudah menjawab di atas pada Ulangan 1:13. Penjelasan lebih lanjut Steuernagel ini tidak memecahkan kesulitan dalam Keluaran 18:13 ff. (E) di mana persamaan judul militer dengan tulisan peradilan yang pasti; atau memenuhi fakta bahwa review Ulangan ini didasarkan pada Keluaran 18:13 ff., dan jika itu dimaksudkan untuk berbeda dari yang terakhir pada begitu besar titik itu pasti telah menunjukkan perbedaan secara eksplisit. Tak satu pun dari penjelasan yang memuaskan.  Bukti bahwa bahkan di bawah Musa lembaga suku yang dilas menjadi organisasi nasional sering dan kemungkinan; dan fakta utama dapat diadakan, bahkan jika kita membiarkan, sama-sama kemungkinan, bahwa E dan D dipantulkan kembali atasnya judul militer hari mereka sendiri.

dan petugas] Ibr. shôṭerîm, dengan makna asli salah satu dari rangers, penyelenggara (jadi Dri. setelah Nöldeke, mengutip Ar. Satara 'untuk memerintah' buku, 'tulis,' dan 'garis' satr atau 'baris,' cp. Ibr. mishṭar, Job 38:33), atau penulis (Ass. shatâru 'write'). Kedua makna yang melekat pada nama di O.T. Dalam Ulangan 20: 5; Ulangan 20: 8 f, seperti di E, Yosua 1:10;. Joshua 3: 2, shôṭerîm adalah perwira yang lulus atas perintah umum melalui pangkat; cp. J, Exodus 5: 6, dll, petugas asli Israel di bawah mandor Firaun. Tapi di sini, seperti dalam Ulangan 16:18, mereka berhubungan dengan hakim, Ulangan 29:10, dengan tetua melaksanakan fungsi peradilan: cp. deuteron, Joshua 8:33.; Yosua 23: 2; Yosua 24: 1; dan E, Bilangan 11:16; Amsal 6: 7. Sam. memiliki sini ahli Taurat; LXX γραμματοεισαγωγεῖς. Mereka baik sekretaris atau penilai profesional hakim awam.

menurut suku Anda] Jadi Ibr. dan Sam .; LXX τοῖς κριταῖς ὑμῶν, untuk hakim, yang Berth. emends untuk menilai Anda.


Komentar Alkitab Keil dan Delitzsch di Perjanjian Lama
tanah ini Tuhan telah tempatkan di pembuangan bangsa Israel bagi mereka untuk mengambil kepemilikan, sebagaimana Dia telah bersumpah kepada nenek moyang (leluhur) bahwa Dia akan memberikannya kepada keturunan mereka (lih Kejadian 12: 7; Kejadian 13:15; Kejadian 15:18., dll). "bersumpah" pada bagian dari Allah menunjuk kembali ke Kejadian 22:16. Ekspresi "kepada mereka dan untuk benih mereka" adalah sama dengan "kepadamu dan keturunanmu" dalam Kejadian 13:15; Kejadian 17: 8, dan tidak harus dipahami sebagai menandakan bahwa leluhur sendiri seharusnya telah mengambil kepemilikan aktual Kanaan; tetapi "untuk benih mereka" di aposisi, dan juga definisi yang lebih tepat (comp Kejadian 15:. 7 dengan Kejadian 15:18, di mana pernyataan sederhana "kepadamu" dijelaskan oleh pernyataan penuh "untuk keturunanmu"). ראה telah tumbuh menjadi suatu kata seru sama הנּה. לפני נתן: untuk memberikan sebelum seseorang, setara dengan menyerah kepada orang, atau tempat pembuangan yang bebas (untuk penggunaan kata dalam pengertian ini, lihat Kejadian 13: 9; Kejadian 34:10). Yehuwa (ini adalah ide Ulangan 1: 6-8), ketika Dia menyimpulkan perjanjian dengan Israel di Horeb, berniat untuk memenuhi sekaligus janji yang Dia berikan kepada leluhur, dan untuk menempatkan mereka ke dalam kepemilikan dari yang dijanjikan tanah; dan Musa juga telah melakukan apa yang diperlukan di pihaknya, karena ia menjelaskan dalam Ulangan 1: 9-18, untuk membawa keselamatan orang ke Kanaan (lih Kel 18:23). Sebagai bangsa yang dikalikan sebagai bintang di langit, sesuai dengan janji Tuhan, dan ia merasa tidak mampu menanggung beban sendirian dan menyelesaikan semua perselisihan, ia ditempatkan di atas mereka pada waktu itu orang-orang bijak dan cerdas dari kepala suku untuk bertindak sebagai hakim, dan telah memerintahkan mereka untuk mengadili pada hal-hal yang lebih kecil dari sengketa dengan benar dan tanpa rasa hormat dari orang.  Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pengangkatan hakim, lihat di Keluaran 18: 13-26, di mana hal itu berkaitan bagaimana Musa mengadopsi rencana ini pada saran dari Yitro, bahkan sebelum pemberian Hukum di Sinai. Ungkapan "pada waktu itu," dalam Ulangan 1: 9, tidak berbeda dengan ini.  Imperfect ואמר dengan vav rel., Mengungkapkan urutan pikiran dan bukan dari waktu. Karena Musa tidak bermaksud untuk mengingat keadaan yang berbeda dengan ingatan orang-orang dalam urutan kronologis mereka, tetapi mengatur mereka sesuai dengan kepentingan relatif mereka sehubungan dengan objek utama pidatonya. Dan ini diperlukan bahwa ia harus mulai dengan apa yang telah Tuhan lakukan untuk pemenuhan janji-Nya, dan kemudian lanjutkan setelah itu untuk melihat apa yang telah, hamba Allah, dilakukan di jabatannya, sebagai hal yang sama sekali bawahan. Sejauh ini objek khawatir, itu juga sempurna acuh tak acuh yang menyarankan dia untuk mengadopsi rencana ini, sementara itu sangat penting untuk menyinggung fakta bahwa itu adalah peningkatan besar dalam jumlah orang Israel yang telah diberikan itu perlu, bahwa ia mungkin mengingatkan jemaat Tuhan, bahkan pada saat itu, telah memenuhi janji yang dia berikan kepada para leluhur, dan pemenuhan yang diberikan jaminan praktis pemenuhan tertentu dari janji-janji lain juga. Musa mencapai ini dengan menggambarkan peningkatan bangsa dalam sedemikian rupa sehingga para pendengarnya harus tanpa sadar diingatkan janji perjanjian dalam Kejadian 15: 5. (Lih Kejadian 12: 2; Kejadian 18:18; Kejadian 22:17; Kejadian 26: 4).




No comments:

Post a Comment