Keluaran 18:21, dan Kitab Ulangan 1:15 yaitu; cakap; takut akan Allah; dapat dipercaya; benci kepada suap; bijaksana dan berpengalaman.
PENGKADER
Mempersiapkan calon pemimpin menjadi pemimpin yang memenuhi
kualifikasi yang dibutuhkan.
Kader adalah sekelompok kecil orang terlatih yang membentuk
unit dasar militer, politik, atau organisasi bisnis atau organisasi
kemasyarakatan.
"Caderisation" (caderization) adalah istilah dalam
politik dan administrasi politik. Ini berarti baik proses transformasi
sekelompok orang ke kader (fungsionaris partai), atau perkembangan sel-sel
kader dalam suatu organisasi atau komunitas. Jadi "caderised"
(caderized) berarti untuk membuat sesuatu dengan kualitas sel kader atau kader.
Cakap atau kompeten
1. Memiliki keterampilan yang sesuai atau memadai,
pengetahuan, pengalaman, dll, untuk beberapa tujuan; benar berkualitas: Ia
sangat kompeten untuk mengelola Pemerintahan
Daerah .
2. Memadai tapi tidak luar biasa.
3. Hukum. (Dari saksi, pihak untuk kontrak, dll) yang
memiliki kompetensi hukum, dengan memenuhi persyaratan minimum tertentu usia,
kesehatan pikiran, atau sejenisnya.
4. Geologi. (Dari tempat tidur atau strata) mampu menjalani
lipat tanpa flowage atau perubahan ketebalan.
Kompetensi adalah kemampuan seorang individu untuk melakukan
pekerjaan dengan benar. Suatu kompetensi adalah seperangkat perilaku
didefinisikan yang menyediakan panduan terstruktur memungkinkan identifikasi,
evaluasi dan pengembangan perilaku di masing-masing kedudukan. Istilah
"kompetensi" pertama kali muncul dalam suatu artikel yang ditulis
oleh R.W. White
pada tahun 1959 sebagai konsep untuk motivasi kinerja. Pada tahun 1970, Craig C.
Lundberg mendefinisikan konsep
dalam "Perencanaan Program Pengembangan Eksekutif". Istilah
memperoleh traksi ketika pada tahun 1973, David
McClelland menulis suatu makalah berjudul, "Pengujian Kompetensi Alih
Daripada Intelijen ".
Sejak itu telah dipopulerkan oleh Richard
Boyatzis dan banyak lainnya, seperti T.F. Gilbert
(1978) yang menggunakan konsep dalam hubungan dengan peningkatan kinerja.
Penggunaannya bervariasi, yang mengarah ke kesalahpahaman yang cukup.
Kompetensi telah muncul di keadaan-keadaan bervariasi dan konteks ilmiah
bervariasi dengan arti yang berbeda (Klarsfeld, 2000).
Beberapa ahli melihat "kompetensi" sebagai
kombinasi pengetahuan praktis dan teoritis, keterampilan kognitif, perilaku dan
nilai-nilai yang digunakan untuk meningkatkan kinerja; atau sebagai keadaan
atau kualitas yang memadai atau berkualitas baik, memiliki kemampuan untuk
melakukan peran tertentu. Misalnya, manajemen kompetensi mungkin termasuk
sistem berpikir dan kecerdasan emosional, dan keterampilan dalam pengaruh dan
negosiasi.
Kompetensi juga digunakan sebagai deskripsi yang lebih umum
persyaratan manusia dalam organisasi dan masyarakat.
Kompetensi kadang-kadang dianggap sebagai yang ditunjukkan
dalam aksi dalam situasi dan konteks yang mungkin berbeda waktu berikutnya
seseorang harus bertindak. Dalam keadaan darurat, orang yang berkompeten dapat
bereaksi terhadap situasi berikut perilaku mereka sebelumnya telah ditemukan
untuk berhasil. Untuk menjadi kompeten seseorang akan perlu untuk dapat
menafsirkan situasi dalam konteks dan memiliki repertoar tindakan yang mungkin
untuk diambil dan telah dilatih dalam tindakan repertoar, jika ini adalah
relevan. Terlepas dari pelatihan, kompetensi akan tumbuh melalui pengalaman dan
luasnya seorang individu untuk belajar dan beradaptasi.
Kompetensi memiliki arti yang berbeda, dan tetap menjadi
salah satu istilah yang paling menyebar di sektor pengembangan manajemen, dan
literatur organisasi dan pekerjaan.
Kompetensi juga apa
yang orang butuhkan untuk menjadi sukses dalam pekerjaan mereka. Kompetensi
pekerjaan tidak sama dengan tugas pekerjaan. Kompetensi mencakup semua
pengetahuan terkait, keterampilan, kemampuan, dan atribut yang membentuk
pekerjaan seseorang. Ini seperangkat kualitas
konteks spesifik berkorelasi dengan kinerja pekerjaan yang unggul dan dapat
digunakan sebagai standar yang mengukur prestasi kerja serta untuk mengembangkan, merekrut, dan
mempekerjakan kedudukan.
Kompetensi dan model kompetensi mungkin berlaku untuk semua kedudukan
dalam suatu organisasi atau mereka mungkin posisi tertentu. Mengidentifikasi
kompetensi kedudukan dapat berkontribusi terhadap kinerja organisasi
ditingkatkan. Mereka adalah yang paling efektif jika mereka memenuhi beberapa
standar penting, termasuk hubungan ke, dan leverage dalam sistem sumber daya
manusia organisasi
kompetensi inti membedakan suatu organisasi dari kompetisi
dan menciptakan keunggulan kompetitif perusahaan di pasar. Suatu kompetensi
inti organisasi adalah kekuatan strategis.
Kompetensi memberikan organisasi cara
untuk menentukan dalam hal perilaku apa yang orang perlu lakukan untuk
menghasilkan hasil agar keinginan organisasi, dengan cara
yang ditetapkan dengan budaya. Dengan memiliki kompetensi yang ditetapkan dalam
organisasi, memungkinkan kedudukan untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan
untuk menjadi produktif. Ketika didefinisikan dengan benar, kompetensi,
memungkinkan organisasi untuk mengevaluasi sejauh mana perilaku-perilaku kedudukan
menunjukkan dan di mana mereka mungkin kurang. Untuk kompetensi mana kedudukan
kurang, mereka bisa belajar. Hal ini akan memungkinkan organisasi untuk
mengetahui potensi sumber daya apa yang
mereka mungkin perlu untuk membantu kedudukan mengembangkan dan mempelajari
kompetensi mereka. Kompetensi dapat membedakan organisasi Anda dari pesaing
Anda. Sementara dua organisasi mungkin sama dalam hasil keuangan, cara di mana hasilnya tercapai dapat berbeda
berdasarkan pada kompetensi yang sesuai dengan strategi tertentu dan budaya
organisasi. Terakhir, kompetensi dapat menyediakan model terstruktur yang dapat
digunakan untuk mengintegrasikan praktik manajemen di seluruh organisasi.
Kompetensi yang menyelaraskan merekrut mereka, manajemen kinerja, pelatihan dan
praktek pembangunan dan reward untuk memperkuat perilaku kunci sesuai
nilai-nilai organisasi.
Takut akan Allah
"Takut akan Tuhan" umumnya mengacu pada rasa
tertentu hormat, kagum, dan diserahkan kepada Tuhan, sementara Takut Allah
menunjukkan ketakutan dari hukuman Ilahi. filsuf Yahudi dan Sarjana Taurat ,
Maimonides
berbicara tentang takut akan Tuhan sebagai perasaan penting manusia berasal
dari kontemplasi tindakan dan kreasi yang besar dan indah Allah.
Dari perspektif
teologis "takut akan
Tuhan" meliputi lebih dari
ketakutan sederhana. Robert
B. Strimple
mengatakan, "Ada
konvergensi kagum, hormat, adorasi, kehormatan, ibadah, rasa percaya diri, rasa
syukur, kasih, dan, ya, takut." Dalam
Magnificat (Lukas 1:50) Mary declaims, "rahmat-Nya adalah dari zaman ke
zaman orang-orang yang takut akan dia." Perumpamaan Hakim yang tidak adil
(Lukas 18: 1-8) menemukan, Yesus
menggambarkan hakim sebagai salah satu yang "... tidak takut akan Allah
dan tidak peduli untuk manusia." Beberapa terjemahan Alkitab, seperti New
International Version, kadang-kadang mengganti kata "takut" dengan
"hormat".
Hal ini juga dapat berarti takut hukuman Allah.
Teolog Lutheran, Rudolf Otto
menciptakan istilah "numinus" untuk mengungkapkan jenis ketakutan
seseorang untuk Tuhan. Anglikan C.S. Lewis mereferensi
istilah dalam banyak tulisannya, namun secara khusus menjelaskan dalam bukunya Masalah Nyeri
dan menyatakan bahwa takut numinus bukanlah ketakutan bahwa seseorang merasa
untuk harimau, atau bahkan hantu. Sebaliknya, takut numinus, seperti C. S. Lewis menjelaskan hal itu, adalah salah
satu yang penuh dengan kekaguman, di mana Anda "merasa heran dan menyusut
tertentu" atau "perasaan tidak mampu untuk mengatasi dengan tamu seperti
atau sujud di hadapannya". Ini adalah ketakutan yang datang keluar dari kasih
untuk Tuhan.
Takut Allah dirasakan karena seseorang memahami
"harapan takut penghakiman". Namun, ini bukan rasa takut yang
menyebabkan orang putus asa, melainkan harus ditambah dengan kepercayaan, dan
yang paling penting, kasih. Dalam Mazmur 130: 3-4, dikatakan, 130:3
Jika Engkau, ya TUHAN, mengingat-ingat kesalahan-kesalahan, Tuhan, siapakah
yang dapat tahan? 130:4 Tetapi pada-Mu ada
pengampunan, supaya Engkau ditakuti orang.
Dapat dipercaya
Definisi kepercayaan biasanya merujuk pada situasi yang
ditandai dengan aspek-aspek berikut: Satu pihak (trustor) bersedia mengandalkan
tindakan pihak lain (trustee); situasi diarahkan ke masa depan. Selain itu,
trustor (sukarela atau paksa) meninggalkan kontrol atas tindakan yang dilakukan
oleh wali amanat. Sebagai akibatnya, trustor tidak pasti tentang hasil dari
tindakan yang lain; mereka hanya dapat mengembangkan dan mengevaluasi harapan.
ketidakpastian melibatkan risiko kegagalan atau membahayakan trustor jika wali
amanat tidak akan berperilaku seperti yang diinginkan. Vladimir Ilych
Lenin menyatakan ide ini dengan
kalimat "Kepercayaan adalah baik, kontrol yang lebih baik".
Kepercayaan dapat dikaitkan dengan hubungan antara orang-orang.
Hal ini dapat menunjukkan bahwa manusia memiliki disposisi alami untuk percaya
dan menilai kepercayaan yang dapat ditelusuri dengan struktur neurobiologis dan
aktivitas otak manusia. Beberapa studi menunjukkan bahwa kepercayaan dapat
diubah misal oleh aplikasi oksitosin.
Secara konseptual, kepercayaan juga disebabkan hubungan
dalam dan di antara kelompok-kelompok sosial
(sejarah, keluarga, teman,
komunitas, organisasi, perusahaan, negara, dll). Ini adalah pendekatan yang populer untuk
membingkai dinamika antar-kelompok dan intra-kelompok interaksi dalam hal
kepercayaan.
Ketika datang ke hubungan antara manusia dan teknologi,
atribusi kepercayaan adalah masalah sengketa. Sikap disengaja menunjukkan bahwa
kepercayaan dapat secara sah dikaitkan dengan hubungan manusia dengan teknologi
yang kompleks. Namun, refleksi rasional mengarah ke penolakan kemampuan untuk
percaya artefak teknologi.
Salah satu tantangan saat kunci dalam ilmu sosial adalah
untuk berpikir ulang bagaimana pesatnya kemajuan teknologi telah berdampak
konstruksi seperti kepercayaan. Hal ini khusus berlaku untuk teknologi
informasi yang secara dramatis mengubah sebab-akibat dalam sistem sosial.
Dalam ilmu-ilmu sosial, seluk-beluk kepercayaan adalah
subjek dari penelitian yang sedang berlangsung. Dalam sosiologi dan psikologi
sejauh mana kepercayaan satu pihak kepada yang lain adalah ukuran dari
keyakinan dalam kejujuran, keadilan, atau kebajikan dari pihak lain. Istilah
"kepercayaan" yang lebih tepat untuk keyakinan dalam kompetensi pihak
lain. Berdasarkan penelitian terbaru, kegagalan dalam kepercayaan dapat
diampuni lebih mudah jika diartikan sebagai kegagalan kompetensi daripada
kurangnya kebajikan atau kejujuran. Dalam ilmu ekonomi, kepercayaan sering
dikonseptualisasikan sebagai kehandalan dalam transaksi. Dalam semua kasus
kepercayaan adalah aturan keputusan heuristik, memungkinkan manusia untuk
menghadapi kompleksitas yang akan memerlukan upaya yang tidak realistis dalam
penalaran rasional.
Dalam psikologi, kepercayaan adalah percaya bahwa orang yang
dipercaya akan melakukan apa yang diharapkan. Dimulai pada keluarga dan tumbuh
dengan orang lain. Menurut psikoanalis pengembangan Erik Erikson
kepercayaan dasar adalah kenyataan pertama perkembangan psikososial terjadi, atau gagal, selama dua tahun pertama
kehidupan. Sukses menghasilkan perasaan keamanan, kepercayaan, dan optimisme,
sedangkan kegagalan mengarah ke orientasi ketidakamanan dan ketidakpercayaan
mungkin mengakibatkan gangguan tambahan.
Kecenderungan dispositional seseorang mempercayai orang lain dapat
dianggap sebagai ciri kepribadian dan karena itu adalah salah satu prediktor
terkuat dari kesejahteraan subjektif. Kepercayaan meningkat kesejahteraan
subjektif karena meningkatkan kualitas hubungan interpersonal seseorang, dan
orang-orang bahagia, terampil membina hubungan yang baik.
Kepercayaan adalah bagian integral ide pengaruh sosial:
lebih mudah untuk mempengaruhi atau membujuk seseorang yang percaya. Gagasan
kepercayaan semakin diadopsi untuk memprediksi penerimaan perilaku oleh orang
lain, lembaga (misalnya instansi pemerintah) dan objek seperti mesin. Namun,
sekali lagi persepsi kejujuran, kompetensi dan nilai kesamaan (sedikit mirip
dengan kebajikan) sangat penting. Ada
tiga bentuk yang berbeda dalam kepercayaan. Kepercayaan menjadi rentan terhadap
seseorang bahkan ketika mereka dipercaya; kepercayaan adalah karakteristik atau
perilaku dari satu orang yang menginspirasi harapan positif pada orang lain,
dan kepercayaan cenderung mampu
mengandalkan orang. Setelah kepercayaan hilang, dengan pelanggaran yang jelas
dari salah satu dari tiga faktor penentu, sangat sulit untuk mendapatkan
kembali. Jadi ada asimetri yang jelas di gedung dibandingkan kehancuran
kepercayaan. Oleh karena itu menjadi dan bertindak dipercaya harus
dipertimbangkan satu-satunya cara yang
pasti untuk mempertahankan tingkat kepercayaan.
Dari perspektif identitas sosial, kecenderungan untuk
percaya pada orang asing muncul dari pengetahuan saling keanggotaan kelompok
bersama, stereotip, atau kebutuhan untuk mempertahankan kekhasan positif
kelompok .
Selain pengaruh sosial, dalam pengaturan organisasi,
kepercayaan mungkin memiliki pengaruh positif pada perilaku, persepsi, dan
pertunjukan dari seseorang. Kepercayaan memiliki hubungan melingkar dengan
persepsi keadilan organisasi sehingga keadilan yang dirasakan mengarah ke
percaya yang, pada gilirannya, meningkatkan persepsi masa depan keadilan. Salah
satu faktor yang meningkatkan kepercayaan manusia adalah kemiripan wajah.
Melalui manipulasi digital dari kemiripan wajah dalam pertandingan berurutan
kepercayaan dua orang, bukti yang mendukung ditemukan bahwa memiliki fitur
wajah yang sama (kemiripan wajah) meningkatkan kepercayaan mitra masing subjek.
Struktur sering menimbulkan kepercayaan pada orang yang mendorong mereka untuk
merasa nyaman dan unggul di tempat kerja. Bekerja di mana saja mungkin stres
dan membutuhkan usaha. Dengan memiliki area yang terletak diselenggarakan untuk
bekerja pada, konsentrasi akan meningkat serta upaya. Struktur ini tidak hanya
metode order. Hal ini meningkatkan kepercayaan dan karena itu membuat tempat
kerja dikelola. Sebuah terstruktur, lingkungan memerintahkan menghasilkan
kepercayaan sebagai salah satu mungkin berisi peningkatan kerjasama dan tampil
di tingkat yang lebih tinggi.
Orang dapat bekerja bersama-sama dan mencapai sukses melalui
kepercayaan saat bekerja pada proyek-proyek yang mengandalkan kontribusi
masing-masing individu.
Hubungan sosial yang ditandai dengan kepercayaan dan norma-norma yang mencegah keterlibatan akademik
rendah diharapkan akan dikaitkan dengan prestasi akademik rendah. Individu yang
berada dalam hubungan yang ditandai oleh tingginya tingkat kepercayaan sosial
lebih cenderung untuk secara terbuka bertukar informasi dan bertindak dengan
kebajikan peduli terhadap satu sama lain daripada mereka dalam hubungan kurang
kepercayaan.
Pendekatan identitas sosial menjelaskan kepercayaan asing
sebagai fungsi dari stereotip berbasis kelompok atau kelompok mendukung
perilaku berdasarkan keanggotaan kelompok yang menonjol. Berkenaan dengan
ingroup pilih kasih, orang biasanya berpikir juga orang asing tetapi
mengharapkan perlakuan yang lebih baik dari anggota di kelompok dibandingkan
dengan anggota out-group. Harapan besar ini kemudian diterjemahkan ke dalam
kecenderungan yang lebih tinggi untuk mempercayai sebuah kelompok daripada
anggota out-group.
Ketika anggota grup dibuat menonjol dan diketahui oleh kedua
pihak, kepercayaan diberikan lebih mudah kepada anggota dalam kelompok dari
luar kelompok anggota. Kelompok yang mendukung perilaku dalam kepercayaan dapat
dikaitkan dengan kebutuhan untuk mempertahankan kelompok memiliki kekhasan
positif, terutama dengan adanya ancaman identitas sosial. Kepercayaan asing
keluar-kelompok meningkat ketika isyarat pribadi dengan identitas terungkap.
Benci kepada suap
Suap adalah tindakan memberikan uang, barang atau bentuk
lain dari pembalasan ke penerima dalam pertukaran untuk perubahan perilaku
mereka (untuk kepentingan / minat si pemberi) bahwa penerima akan tidak
mengubah. Suap didefinisikan oleh Black Law Dictionary sebagai korban, memberi,
menerima, atau meminta apapun item nilai untuk mempengaruhi tindakan orang
resmi atau lainnya yang bertanggung jawab atas tugas publik atau hukum.
Hadiah uang atau barang-barang lainnya dari nilai yang
dinyatakan tersedia untuk semua orang secara setara, dan bukan untuk tujuan
yang tidak jujur, tidak suap. Menawarkan diskon atau pengembalian dana untuk semua pembeli adalah rebate hukum dan
tidak suap. Sebagai contoh, adalah legal untuk karyawan sebuah Utilitas Umum Komisi
terlibat dalam regulasi tingkat listrik untuk menerima rebate pada layanan
listrik yang mengurangi biaya mereka untuk listrik, ketika rebate tersedia
untuk pelanggan listrik perumahan lainnya. Jika rebate dilakukan untuk
mempengaruhi mereka untuk terlihat baik pada kenaikan tarif aplikasi utilitas
listrik, bagaimanapun, itu akan menjadi suap, dan melanggar hukum.
Suap adalah hadiah diberikan untuk mempengaruhi perilaku
penerima. Mungkin uang, barang, hak dalam tindakan, properti, keutamaannya, hak
istimewa, honor, benda-benda bernilai, keuntungan, atau hanya janji untuk
menginduksi atau mempengaruhi tindakan, suara, atau pengaruh dari seseorang dalam
kapasitas resmi atau umum.
Dalam ilmu ekonomi, suap telah digambarkan sebagai sewa atau
rent. Peminta suap disebut rent seeker. Kalau memaksa disebut pemerasan. Suap
di birokrasi telah dilihat sebagai alasan untuk biaya yang lebih tinggi dari
produksi barang dan jasa, disebut ekonomi biaya tinggi.
Banyak jenis pembayaran atau nikmat dapat merupakan suap:
tip, hadiah, sop, merembes, skim, nikmat, diskon, dibebaskan biaya / tiket,
makanan gratis, iklan gratis, perjalanan gratis, undangan gratis, Sayang
kesepakatan, bantingan / payback, pendanaan, penjualan meningkat dari suatu
objek atau properti, kontrak menguntungkan, sumbangan, sumbangan kampanye,
pengumpulan dana, sponsorship / dukungan, pekerjaan dengan gaji yang lebih
tinggi, opsi saham, komisi rahasia, atau promosi (kenaikan jabatan / pangkat).
Satu harus berhati-hati karena berbeda norma-norma
sosial dan budaya saat memeriksa suap. Harapan ketika transaksi moneter yang
tepat dapat berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Sumbangan kampanye politik
dalam bentuk uang tunai, misalnya, dianggap tindak pidana suap di beberapa
negara, sementara di Amerika Serikat , asalkan mereka mematuhi UU Pemilu ,
adalah legal. Tip, misalnya, dianggap suap di beberapa masyarakat, sementara di
lain dua konsep mungkin tidak dipertukarkan.
Kejahatan tersebut dapat dibagi menjadi dua kelas besar:
satu, di mana orang diinvestasikan dengan kekuatan diinduksi dengan pembayaran
untuk menggunakannya secara tidak adil; yang lain, di mana kekuasaan diperoleh
dengan membeli hak pilih mereka yang dapat memberi itu. Demikian juga, penyuap
mungkin memegang peran yang kuat dan mengontrol transaksi; atau dalam kasus
lain, suap dapat efektif diekstrak dari orang yang membayar itu, meskipun hal
ini lebih dikenal sebagai pemerasan.
Bentuk-bentuk suap banyak. Misalnya, pengendara mungkin
menyuap polisi untuk tidak mengeluarkan bukti pelanggaran karena ngebut, warga
mencari dokumen atau utilitas koneksi jalur mungkin menyuap pejabat untuk
layanan yang lebih cepat.
Suap juga dapat mengambil bentuk komisi rahasia, keuntungan
yang dibuat oleh agen, dalam perjalanan pekerjaannya, tanpa sepengetahuan atasan
utamanya. Eufemisme berlimpah untuk ini (komisi, pemanis, kick-back dll)
penyuap dan penerima suap yang juga banyak meskipun penyuap memiliki satu
denominator umum dan itu adalah kemampuan keuangan untuk menyuap.
Pada korupsi politik, upaya telah dilakukan dalam beberapa
tahun terakhir oleh masyarakat internasional untuk mendorong negara-negara
untuk memisahkan dan memberatkan sebagai pelanggaran terpisah, aktif dan suap
pasif. Dari sudut pandang hukum, penyuapan aktif dapat didefinisikan misalnya
sebagai menjanjikan, menawarkan atau memberikan oleh setiap orang, langsung
atau tidak langsung, dari keuntungan yang tidak semestinya [kepada pejabat
publik], untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain, untuk dia untuk bertindak
atau berhenti bertindak dalam pelaksanaan tugasnya. (Pasal 2 Konvensi Hukum Pidana
Korupsi (ETS
173) dari Dewan Eropa). Suap pasif dapat didefinisikan sebagai permintaan atau
penerimaan [oleh pejabat publik], langsung atau tidak langsung, dari setiap keuntungan
yang tidak semestinya, untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain, atau
penerimaan tawaran atau janji seperti keuntungan, untuk bertindak atau berhenti
bertindak dalam pelaksanaan fungsinya (pasal 3 konvensi Hukum Pidana
Korupsi (ETS
173)).
Alasan untuk disosiasi ini adalah untuk membuat
langkah-langkah awal (korban, menjanjikan, meminta keuntungan) dari kesepakatan
yang korup sudah suatu pelanggaran dan, dengan demikian, untuk memberikan
sinyal yang jelas (dari sudut pandang kebijakan kriminal) suap yang tidak dapat
diterima . Selain itu, disosiasi seperti membuat penuntutan suap pelanggaran
lebih mudah karena bisa sangat sulit untuk membuktikan bahwa dua pihak
(suap-pemberi dan suap-penerima) telah secara resmi disepakati kesepakatan yang
korup. Selain itu, seringkali tidak ada kesepakatan formal, tetapi hanya saling pengertian, misalnya
ketika sudah menjadi rahasia umum di kota itu untuk mendapatkan izin bangunan
kita harus membayar "fee" kepada pengambil keputusan untuk mendapatkan
keputusan yang menguntungkan.
Bijaksana
1. memiliki kekuatan cerdas dan menilai benar seperti apa
yang benar atau tepat; memiliki ketajaman, penilaian, atau kebijaksanaan.
2. ditandai dengan menampilkan kekuatan seperti; bijaksana
atau hati-hati: keputusan yang bijaksana.
3. dimiliki atau ditandai dengan pengetahuan atau belajar
ilmiah; mempelajari; terpelajar: bijaksana dalam hukum.
4. memiliki pengetahuan atau informasi sebagai fakta-fakta,
keadaan, dll .: Kami adalah bijaksana untuk penjelasan mereka.
5. Slang. diberitahukan; di ketahui: Kau bijaksana, jadi
mengapa tidak memberi kita rendah-down?
6. Kuno. memiliki pengetahuan tentang sihir atau santet.
The Oxford English Dictionary mendefinisikan kebijaksanaan
sebagai "Kapasitas menilai benar
dalam hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan dan perilaku; kesehatan
penghakiman dalam pilihan sarana dan berakhir, kadang-kadang, kurang ketat,
akal sehat, esp dalam urusan praktis. Opp untuk kebodohan;" juga "Pengetahuan (esp dari jenis tinggi atau
muskil.); pencerahan, belajar,
pengetahuan". Charles Haddon Spurgeon mendefinisikan
kebijaksanaan sebagai "penggunaan yang tepat dari pengetahuan" Robert
I. Sutton
dan Andrew Hargadon mendefinisikan "sikap kebijaksanaan"
sebagai "bertindak dengan pengetahuan sementara meragukan apa yang
tahu".
Kebijaksanaan atau cita rasa adalah kemampuan untuk berpikir
dan bertindak dengan menggunakan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, akal
sehat, dan wawasan. Kebijaksanaan telah dianggap sebagai salah satu dari empat
kebajikan utama; dan sebagai suatu kebajikan, itu adalah kebiasaan atau
disposisi untuk melakukan tindakan dengan tingkat tertinggi dari kecukupan dalam
keadaan apapun yang diberikan dengan keterbatasan kesalahan dalam tindakan yang
diberikan. Ini menyiratkan memiliki pengetahuan, atau mencari pengetahuan untuk
diterapkan pada keadaan tertentu. Hal ini melibatkan pemahaman tentang orang,
benda, peristiwa, situasi, dan kemauan serta kemampuan untuk menerapkan
persepsi, penilaian, dan tindakan sesuai dengan pemahaman tentang apa saja yang
optimal tindakan. Hal ini sering membutuhkan kontrol dari reaksi emosional
seseorang (yang "Kesukaan") sehingga prinsip universal alasan berlaku
untuk menentukan tindakan seseorang. Singkatnya, kebijaksanaan adalah disposisi
untuk menemukan kebenaran ditambah
dengan penilaian optimal untuk tindakan apa yang harus diambil.
Kontekstual, ketulusan untuk keadaan dengan pengetahuan
tentang aspek-aspek negatif dan positif (atau kendala).
Berdasarkan tindakan yang konsisten nilai dengan pengetahuan
tentang keragaman pendapat etis.
Toleransi terhadap ketidakpastian dalam hidup dengan
penerimaan tanpa syarat.
Empati dengan diri sendiri untuk memahami emosi sendiri (atau harus berorientasi emosional),
moral ... dll. dan lain-lain perasaan termasuk kemampuan untuk melihat diri
sendiri sebagai bagian dari keseluruhan yang lebih besar.
Kebijaksanaan mengarahkan seseorang untuk mengatasi perasaan
tidak berdaya, ketidakberdayaan, kemarahan atau agresi oleh non-pemahaman unsur
eksternal dan pengakuan internal. Hal ini menyebabkan perubahan dari pengalaman
berartinya untuk tujuan yang bermakna, prospek untuk mengatasi peristiwa
kehidupan kritis dan untuk terlibat secara konstruktif dengan masalah kehidupan
yang kompleks.
Dalam teologi Kristen ,
"kebijaksanaan" (Ibrani: chokhmah, Yunani: Sophia ,
Latin: Sapientia). Menggambarkan aspek Tuhan, atau konsep teologis mengenai
hikmat Allah. Ada
unsur oposisi dalam pemikiran Kristen
antara hikmat sekuler dan kebijaksanaan Ilahi. Rasul Paulus
menyatakan bahwa kebijaksanaan duniawi berpikir klaim Kristus menjadi
kebodohan. Namun, bagi mereka yang "di jalan menuju keselamatan"
Kristus merupakan hikmat Allah. (1 Korintus 1: 17-31) Juga, Kebijaksanaan
adalah salah satu dari tujuh karunia Roh Kudus menurut Anglikan, keyakinan
Katolik, dan Lutheran. 1 Korintus 12: 8-10 memberikan daftar alternatif dari
sembilan karunia Roh Kudus, kebajikan, di antaranya kebijaksanaan adalah satu.
Menurut Raja Salomo, kebijaksanaan diperoleh dari Allah. Amsal
2: 6. Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari
mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian. Amsal 2: 7. Ia menyediakan
pertolongan bagi orang yang jujur, menjadi perisai bagi orang yang tidak
bercela lakunya, 2:8 sambil
menjaga jalan keadilan, dan memelihara jalan orang-orang-Nya yang setia.
Amsal 3: 5 Percayalah
kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu
sendiri. 3:6 Akuilah Dia
dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. Solomon pada dasarnya menyatakan bahwa dengan
kebijaksanaan seseorang menerima dari Allah, seseorang akan dapat menemukan
kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup.
Raja Salomo ajarannya kebijaksanaan dalam kitab Pengkhotbah,
membahas eksplorasi dari makna kehidupan dan pemenuhan, karena ia berbicara
tentang kehidupan kesenangan, pekerjaan, dan materialisme, namun menyimpulkan
bahwa itu semua tidak berart atau kesia-siaan. Karena dengan banyak kebijaksanaan
datang banyak kesedihan, yang lebih banyak pengetahuan, semakin kesedihan (Pengkhotbah
1: 2,18) Salomo menyimpulkan bahwa kesenangan semua kehidupan dan kekayaan, dan
bahkan kebijaksanaan, tidak berarti apa-apa jika tidak ada hubungan dengan
Allah.
Bagian dari Amsal, Pengkhotbah, dan Yakobus, buku utama
lainnya kebijaksanaan dalam Alkitab adalah Ayub, Mazmur, dan 1 dan 2 Korintus,
yang memberikan pelajaran tentang mendapatkan dan menggunakan kebijaksanaan
melalui situasi sulit. Tapi kebijaksanaan tidak terbatas hanya buku-buku ini
dalam Alkitab, kata-kata bijak dapat ditemukan. Melalui saat teduh atau
meditasi melalui membaca dan refleksi dari Alkitab dan bacaan lain yang
menganalisis Alkitab, seseorang dapat memperoleh kebijaksanaan dalam rangka
untuk membantu orang-orang Kristen menjadi lebih sadar, berwawasan dan bahagia
dalam hidup.
Berpengalaman
Berpengalaman artinya memiliki keahlian atau ketrampilan
atau pengetahuan karena Anda telah melakukan sesuatu berkali-kali. Pengalaman
adalah pengetahuan atau penguasaan suatu peristiwa atau subjek diperoleh
melalui keterlibatan dalam atau paparan itu. Istilah dalam filsafat, seperti
"pengetahuan empiris" atau "pengetahuan posteriori,"
digunakan untuk merujuk pada pengetahuan berdasarkan pengalaman. Seseorang
dengan pengalaman yang cukup dalam bidang tertentu dapat memperoleh reputasi
sebagai konsep expert. Pengalaman umumnya mengacu pada pengetahuan atau
pengetahuan prosedural, bukan pengetahuan proposisional: on-the-job training
daripada buku-learning.
Interogasi terhadap pengalaman memiliki tradisi panjang
dalam filsafat kontinental. Pengalaman memainkan peran penting dalam filsafat Soren Kierkegaard .
Istilah Jerman Erfahrung, sering diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai
"pengalaman", memiliki implikasi yang sedikit berbeda, berarti juga
koherensi dari pengalaman hidup.
Tradisi keagamaan tertentu (seperti Budha, Surat Shabd Yoga,
mistisisme dan Pentakostalisme) dan paradigma pendidikan dengan, misalnya,
pengkondisian merekrut-pelatihan militer (juga dikenal sebagai "kamp
boot"), menekankan sifat pengalaman epistemologi manusia. Ini kontras
dengan alternatif: tradisi dogma, logika atau penalaran. Peserta dalam kegiatan
seperti pariwisata, olahraga ekstrim dan rekreasi penggunaan narkoba juga
cenderung menekankan pentingnya pengalaman.
Sejarah pengalaman sejalan erat dengan konsep percobaan.
Kata "pengalaman" dapat merujuk, agak ambigu, baik
untuk mental diproses segera dirasakan peristiwa serta kebijaksanaan diklaim
diperoleh dalam refleksi berikutnya pada peristiwa-peristiwa atau interpretasi
mereka.
Beberapa kebijaksanaan-pengalaman terakumulasi selama
periode waktu, meskipun salah satu juga dapat mengalami (dan mendapatkan umum
kebijaksanaan-pengalaman dari) peristiwa sesaat tunggal tertentu.
Pengalaman fisik terjadi setiap kali sebuah perubahan objek
atau lingkungan. Dengan kata lain, pengalaman fisik berhubungan dengan diamati.
Mereka tidak perlu melibatkan sifat modal atau pengalaman mental.
Pengalaman mental melibatkan aspek kecerdasan dan kesadaran
dialami sebagai kombinasi pemikiran, persepsi, memori, emosi, dan imajinasi,
termasuk semua proses kognitif sadar. Istilah ini dapat merujuk, dengan
implikasi, untuk proses berpikir atau merenung. Pengalaman mental dan
hubungannya dengan otak fisik merupakan wilayah perdebatan filosofis: beberapa
teori identitas awalnya berpendapat bahwa
identitas otak dan mental diadakan hanya untuk beberapa sensasi. Kebanyakan
teori, bagaimanapun, umum tampilan untuk mencakup semua pengalaman mental.
Matematikawan dapat memberikan contoh pengalaman mental
kumulatif dalam pendekatan dan keterampilan yang mereka bekerja. Realisme
matematika, seperti realisme pada umumnya, menyatakan bahwa entitas matematika
ada secara independen dari pikiran manusia. Dengan demikian manusia tidak
menciptakan matematika, melainkan menemukan dan mengalami itu, dan setiap
makhluk cerdas lain di alam semesta mungkin akan melakukan hal yang sama. Sudut
pandang ini menganggap hanya satu jenis matematika ditemukan; ia melihat
segitiga, sudut kanan, dan kurva, misalnya, sebagai entitas yang nyata, bukan
hanya kreasi dari pikiran manusia. Beberapa matematikawan bekerja telah menganut
realisme matematika karena mereka melihat diri mereka mengalami yang terjadi
secara alamiah benda. Contoh Paul Erdös dan Kurt Gödel .
Gödel percaya realitas matematika objektif yang bisa dirasakan dengan cara yang analog untuk merasakan persepsi. Prinsip-prinsip
tertentu (misalnya: untuk setiap dua benda, ada koleksi benda-benda yang
terdiri dari tepat dua benda) bisa langsung dilihat untuk menjadi kenyataan,
tetapi beberapa dugaan, seperti hipotesis kontinum, mungkin terbukti diputuskan
hanya atas dasar prinsip tersebut. Gödel menunjukkan bahwa metodologi kuasi-empiris
seperti pengalaman bisa memberikan bukti yang cukup untuk dapat menganggap
wajar dugaan seperti itu. Dengan pengalaman, ada perbedaan tergantung pada apa
jenis keberadaan seseorang yang mengambil entitas matematika untuk dimiliki,
dan bagaimana kita tahu tentang mereka.
Manusia dapat merasionalisasi jatuh (dan keluar) cinta
sebagai "pengalaman emosional". Masyarakat yang kurang perjodohan
institusional dapat memanggil pengalaman emosional pada individu untuk
mempengaruhi pasangan-pilihan. Konsep pengalaman emosional juga muncul dalam
pengertian empati.
Mistikus bisa menggambarkan visi mereka sebagai
"pengalaman spiritual". Namun, psikologi dan neuropsikologi dapat
menjelaskan pengalaman yang sama dalam hal keadaan kesadaran yang berubah, yang
mungkin terjadi tanpa sengaja melalui (misalnya) demam yang sangat tinggi,
infeksi seperti meningitis, kurang tidur, puasa, kekurangan oksigen, narkosis nitrogen (dalam
diving), psikosis, epilepsi lobus temporal, atau kecelakaan traumatis. Orang
juga dapat mencapai pengalaman tersebut lebih sengaja melalui praktik mistik
diakui seperti kurang sensorik atau teknik pengendalian pikiran, hipnosis,
meditasi, doa, atau disiplin mistis seperti meditasi mantra, yoga, tasawuf,
mimpi yoga, atau surat Shabda yoga. Beberapa praktek mendorong pengalaman
spiritual melalui konsumsi obat-obatan psikoaktif seperti alkohol dan opiat,
tetapi lebih umum dengan tanaman entheogenic dan zat seperti ganja, salvia
divinorum, jamur psilocybin, peyote, DXM, ayahuasca, atau datura. Cara lain untuk menginduksi pengalaman spiritual
melalui kondisi kesadaran yang berubah melibatkan psychoacoustics, binaural beats,
atau rangsangan cahaya-dan-suara. Yang paling gampang dan aman ekstasi adalah
kepenuhan Roh
K u d us.
Anda dapat berbicara bahasa Roh, gera kan
Roh, penglihatan Roh, dan macam-macam mani festasi Roh K u d us
lainnya. Yang penting Anda harus memiliki Karun ia M emb e d a k a n
Ro h ,
supaya tidak ditipu oleh roh penyesat.
Tumbuh dan hidup dalam masyarakat dapat mendorong
perkembangan dan pengamatan pengalaman sosial. Pengalaman sosial menyediakan
individu dengan keterampilan dan kebiasaan yang diperlukan untuk berpartisipasi
dalam masyarakat mereka sendiri, sebagai masyarakat itu sendiri terbentuk melalui
sejumlah pengalaman bersama membentuk norma-norma ,
adat istiadat, nilai-nilai, tradisi, peran sosial, simbol dan bahasa.
Pengalaman memainkan peran penting dalam kelompok experiential.
Menggunakan simulasi komputer dapat memungkinkan seseorang
atau kelompok orang untuk memiliki pengalaman virtual dalam virtual reality. Role-playing
game mengobati "pengalaman" (dan akuisisi) sebagai komoditas penting,
terukur, dan berharga. Banyak peran-bermain video game, misalnya, unit fitur
pengukuran yang digunakan untuk mengukur atau membantu perkembangan
pemain-karakter melalui permainan - yang disebut pengalaman poin atau xp. Juga
simulasi membantu membentuk pengalaman nyata.
Pengalaman subjektif dapat melibatkan keadaan subjektivitas
individu, persepsi yang salah membangun keadaan sendiri realitas; realitas didasarkan pada interaksi seseorang
dengan lingkungannya. Pengalaman subjektif tergantung pada kemampuan individu
seseorang untuk mengolah data, untuk menyimpan dan internalisasi itu. Sebagai
contoh: indra kita mengumpulkan data, yang kemudian kita proses sesuai dengan
pemrograman biologis (genetik), neurologis jaringan-hubungan dan variabel lain
seperti relativitas dll, yang semuanya mempengaruhi pengalaman pribadi kita
dari situasi tertentu sedemikian merupakan cara
untuk membuat itu subjektif.
Keluaran 18:21
(21) Memberikan keluar dari semua orang mampu manusia.-ini
adalah inti dari nasihat Yitro. Tampaknya agak mengejutkan bahwa itu seharusnya
diperlukan. Di Mesir , seperti dalam semua pemerintah
menetap lainnya, sementara raja adalah air mancur keadilan, itu adat baginya
untuk mendelegasikan tugas mendengar penyebab pejabat dari jajaran yang
berbeda, yang memutuskan dalam ini atau itu kelas keluhan. Di
Saudi praktek yang serupa tidak diragukan lagi berlaku. Yitro sendiri
memiliki bawahannya, orang-orang kepala berbagai klan atau keluarga, yang
dibuang fungsi peradilan "hal-hal kecil," dan dengan demikian sangat
meringankan burthen yang dinyatakan akan beristirahat pada bahunya. Saran
kepada Musa hanyalah bahwa ia harus mengadopsi ini umumnya membentuk sistem-satu
yang termasuk periode sangat awal dalam sejarah bangsa.
Penguasa ribuan, dan penguasa ratusan.-Suatu organisasi dari
seluruh orang pada sistem desimal tersirat dalam pengaturan yang disarankan.
Organisasi semacam itu mungkin improbably telah ada pada saat yang sama
sehubungan dengan pawai dan berkemah di dalam. Lihat Komentar
pada Keluaran 13:18. Jethro berpikir bahwa itu mungkin dimanfaatkan untuk
tujuan peradilan. Salah satu dari sepuluh mungkin kompeten untuk menilai di
"hal-hal kecil." Jika salah satu pihak tidak puas, mungkin ada
banding ke "penguasa lima puluh" -Dari dia "penguasa
seratus," dan kemudian ke " penguasa Seribu." Dalam semua
perselisihan biasa ini akan cukup, dan kontes tidak akan perlu dilakukan lebih
lanjut.
MacLaren
Keadaanwan IDEAL
Keluaran 18:21.
Anda akan telah mengantisipasi tujuan saya dalam memilih
teks ini. Saya harus melakukan kekerasan terhadap perasaan Anda dan jika saya
tidak menyinggung acara yang telah bersatu Kekaisaran dan dunia dalam satu
sentimen. Pohon besar telah jatuh, dan kecelakaan telah saat ini membungkam
semua suara dari hutan. Perang di luar negeri dan kontroversi di rumah yang
sunyi. Semua orang, dari semua sekolah pendapat, kepercayaan, dan pihak, lihat
sekarang, di wajah tenang dari orang mati, kemiripan dengan orang besar tua;
dan mengatakan sesuatu, dengan semua kesalahan, untuk kesehatan jantung,
pendapat bahasa Inggris, bahwa segala macam dan kondisi manusia telah membawa
karangan bunga sedih mereka untuk meletakkan mereka di peti mati itu.
Tapi, sementara banyak yang telah dikatakan, jauh lebih
fasih dan otoritatif daripada aku bisa mengatakan itu, tentang banyak aspek
kehidupan banyak sisi, pasti itu menjadi kita, sebagai orang Kristen, untuk
melihat dari sudut pandang khas Kristen, dan untuk mengumpulkan beberapa
pelajaran yang, dianggap, itu mengajarkan kita.
Teks saya adalah bagian dari saran cerdas Yitro, ayah-mertua-Musa,
memberinya tentang jenis manusia yang dia harus memilih untuk menjadi pembantunya
dalam pemerintahan sipil. Itu kuno, ungkapan sederhana dapat bersembunyi dari
beberapa dari elevasi dan kelengkapan ideal yang ditetapkan. Tapi itu adalah
yang ideal besar; dan di antara nama-nama besar dari Inggris yang telah
membimbing nasib negeri ini, tak ada satupun yang mendekati lebih hampir itu
dari dia yang kematiannya telah diambil kepribadian yang paling mencolok dari
kehidupan publik kita.
Jadi saya meminta Anda untuk melihat dengan saya, pertama,
pada ideal seorang politikus yang ditetapkan di sini.
Kehidupan bebas dari padang
pasir, jauh dari tekanan-tekanan sekitarnya despotisme militer, bahwa
konstitusi yang luar biasa dan antik dari klan, dengan semua loyalitas yang
indah, telah memberikan sheikh Arab ini konsepsi jauh lebih mulia dari apa
penguasa manusia itu dari dia bisa menemukan dicontohkan di istana Firaun; atau
dari, sayangnya!, telah umum di banyak disebut keadaan-keadaan Kristen . Lapangan di mana ia bermaksud bahwa kualitas
besar harus dilakukan adalah salah satu yang sangat terbatas, untuk mengelola
urusan kecil dari segelintir buronan di padang
gurun. Tetapi skala yang kita bekerja tidak ada hubungannya dengan
prinsip-prinsip yang kita bekerja, dan hukum-hukum perspektif dan mewarnai
adalah sama, apakah Anda melukis miniatur terkecil atau lukisan raksasa. Jadi
apa yang dibutuhkan untuk mengelola kekhawatiran kecil pengembara Musa di padang gurun adalah ideal
apa yang dibutuhkan untuk orang-orang yang mengarahkan urusan publik kerajaan
di seluruh dunia.
Biarkan aku menjalankan lebih detail. Mereka harus 'manusia
serba bisa,' atau, seperti aslinya memiliki itu, " kekuatan manusia."
Ada dasar
intelektual, dan terutama dasar kebersamaan, berani, kuat-ketetapan yang akan
memahami keyakinan, dan, apa pun yang datang, akan mengikuti mereka ke
kesimpulan mereka. Keadaanwan bukan salah satu yang menempatkan telinganya ke
tanah untuk mendengar derap beberapa tuan rumah maju, dan kemudian membuat
pikirannya untuk mengikuti jalan mereka; ia tidak sensitif terhadap angin
bervariasi dari opini publik, juga tidak memangkas layarnya sesuai dengan
mereka, tapi ia datang pada keyakinannya dengan pendekatan tangan-pertama
untuk, dan meditasi pada, prinsip-prinsip besar yang membimbing, dan kemudian
memegang mereka dengan kekuatan yang tidak dapat melemahkan, dan keberanian
yang tidak dapat mengecilkan hati. ' Kekuatan manusia' adalah apa demokrasi
seperti kita lakukan sebagian kebutuhan dalam pemimpin mereka; 'orang kuat, di
tanah terang-terangan,' siapa yang tahu pikirannya sendiri, dan setia untuk
selama-lamanya. Itu adalah permintaan yang besar.
Seperti takut Tuhan, ada rahasia kekuatan, tidak hanya
mengacu pada kekuatan intelektual yang tidak tergantung untuk asal mereka,
meskipun mereka mungkin untuk kesehatan dan kekuatan dari pekerjaan mereka,
pada setiap sentimen agama, tetapi dalam berkenaan dengan semua kekuatan
sejati. Dia yang akan mengatur orang lain pertama harus tuan atas dirinya
sendiri, dan itu hanya adalah Tuhan sendiri yang secara sadar dan biasa menjadi
hamba Allah. Sehingga apa pun yang abadi kita alami mulai dengannya, itu harus
tinggi, dimurnikan, diperdalam, diperbesar, dengan kehadiran dalam kehidupan
kita dari keyakinan agama yang mendalam dan penting. Itu benar tentang semua
orang, pemimpin dan yang dipimpin, besar dan kecil. Itu adalah lanttai-panas di
rumah kaca, karena itu, yang akan membuat lebih matang dan manis
semua buah-buahan yang merupakan hasil alami dari kapasitas alami. Itu adalah
jimat dan pesona yang akan membuat seorang manusia luput dari insiden godaan
untuk posisinya dan insiden kelemahan untuk karakternya. Takut akan Allah
mendasari kehidupan mulia. Yang tidak teori-hari. Kita kenal dengan fakta, dan
akrab dengan doktrin dirumuskan dari itu, bahwa mungkin ada orang hidup yang
kuat dan mulia dan pemimpin besar di banyak departemen aktivitas manusia tanpa
referensi yang gaib. Ya, mungkin ada, tetapi mereka semua fragmen, dan manusia
lengkap datang hanya ketika dipandu takut akan Tuhan, pemandu, pemimpin,
impuls, polestar, regulator, korektor, dan inspirasi dari semua yang dia dan
semua yang dia lakukan. Sumbernya takut akan Tuhan.
'Manusia jujur', yang, tentu saja, melirik cara bengkok yang termasuk tidak hanya untuk kekeadaanwanan
Timur, tetapi tidak lebih dari itu. Dia yang memimpin orang-orang harus sendiri
dipimpin oleh tergesa-gesa ingin mengikuti setelah, dan untuk menangkap, hal-hal
yang sangat benar. Dan harus ada di
dalam dirinya keinginan transparan yang jelas untuk membuatnya memiliki kesetiaan
tertinggi, dalam pengorbanan, dengan
keyakinan fajar yang dapat tumbuh kepadanya. Hanya orang bodoh yang tidak
berubah. Kesegaran antusiasme, dan kesetiaan pada keyakinan baru membuka pada
seorang manusia, untuk akhir hidupnya,
yang tidak sedikit penting dari persyaratan dalam dirinya yang akan membujuk
dan membimbing individu atau bangsa.
Membenci ketamakan, atau, seperti yang mungkin diberikan, keuntungan
yang tidak adil. Referensi itu untuk
'meminyaki telapak tangan' hakim Timur dapat diambil dalam arti mulia. Jika
seorang manusia berdiri sebagai pemimpin dari orang, dia harus jelas, seperti Samuel tua mengatakan bahwa dia, bebas dari semua yang
dicurigai, memiliki mengikuti karirnya untuk segala bentuk keuntungan pribadi. Tangan Bersih ,
dan yang tidak hanya dari kotoran vulgar kekayaan, tapi dari keuntungan yang
lebih halus yang dapat diperoleh dari posisi yang tinggi, dituntut dari
pemimpin manusia.
Tersebut adalah ideal. Persyaratan yang tegas dan tinggi,
dan mereka mengecualikan kutu yang menduduki 'politik,' seperti yang disebut, dan
menyebabkan mereka untuk bau di banyak lubang hidung. Siasat diri mencari, yang
bermata satu partisan, yang sinis yang tidak meyakini cita-cita dalam bentuk
apa pun, yang penipu yang menganggap kebajikan dia tidak miliki, dan mulut
sentimen mulia yang pergi tidak lebih
dari giginya, semuanya ditutup oleh mereka. Doktrin bahwa seorang manusia bisa melakukan
hal-hal kapasitas publik yang akan memalukan dalam kehidupan pribadi, namun
mempertahankan kehormatan pribadinya untarnished, ditiup untuk atom dengan
ideal ini. Hal ini banyak yang harus menyesal, dan dalam beberapa hal yang
harus dicela, bahwa begitu banyak dari yang paling bijaksana, terbaik, dan
kebanyakan manusia berpengaruh, berdiri terpisah dari kehidupan publik. Banyak
yang disebabkan bias pribadi, lebih dari itu adalah karena tekanan dari tugas
yang lebih menyenangkan, dan tidak sedikit dari itu karena mengabaikan ajaran
ideal Yitro, dan degradasi kehidupan masyarakat yang memiliki pun terjadi
demikian. Tapi ada orang-orang besar dalam sejarah kita yang hidupnya telah
membantu untuk mengangkat ideal seorang keadaanwan, yang telah membuat sketsa
rupa Yitro diuraikan, meskipun mereka mungkin tidak menggunakan kata-katanya,
polestar mereka; dan di antara yang tertinggi ini telah menjadi orang yang merugikan
kita, hari penuh ratapan.
Biarkan saya mencoba untuk membela bahwa ekspresi pendapat
dalam satu atau dua kata. Saya tidak bisa berharap untuk bersaing dalam kasih
karunia sastra, atau kelengkapan, dengan eulogi yang telah melimpah dicurahkan;
dan saya tidak harus berpikir dengan benar untuk mengalihkan jam ibadah dari
tema yang biasa, jika aku tidak punya lebih banyak daripada telah jauh lebih
baik seribu kali di hari-hari terakhir kata. Tapi aku tidak bisa membantu
melihat bahwa, meskipun telah ada konsensus kekaguman, dan menunjuk praktis
bulat untuk, karakter setelah semua rahasia mantra yang Mr. Gladstone telah lakukan
selama dua generasi, belum ada, karena sepertinya saya, sama dan karena
menonjol diberikan kepada apa yang, dan apa yang ia sendiri akan mengatakan
itu, akar sebenarnya dari karakter dan penyebab produktif prestasinya.
Jadi saya berani sekarang mengatakan satu atau dua kata
tentang agama orang yang karena kesadaran sendiri mendasari semua bagian
tubuhnya. Hal ini tidak bagi saya untuk berbicara, dan tidak perlu untuk
berbicara, tentang pemberian alam yang luar biasa dan sama-sama luar biasa,
peralatan banyak sisi pencapaian yang diperkaya orang kaya, tanah alami.
Intermeddling seperti yang ia lakukan dengan semua pengetahuan, ia tentu harus
telah seorang amatir dalam banyak mata pelajaran di mana ia bergegas dengan
semangat murah hati tersebut. Tapi tidak kurang adalah contoh semua keserakahan
omnivora dari segala sesuatu yang dikenal, protes, sangat diperlukan hari ini,
terhadap kejahatan yang mungkin dari suatu yang berlebihan yang mengkhususkan
diri memanfaatkan kemajuan pengetahuan
di semua departemen tampaknya tidak terelakkan. Saya tidak perlu berbicara,
baik, dari aliran, dan kadang-kadang torrent, kefasihan pernah di perintah,
maupun dari kekuatan lentur dan berotot luar biasa lincah, serta besar, pikiran; atau
harus saya katakan lebih dari satu kata tentang kombinasi yang luar biasa dari
kualitas sehingga umumnya diadakan dan melihat tidak sesuai, yang dimasukkan ke
dalam satu kepribadian seorang jenius angka
ilmu hitung kering dan jenius antusiasme dan simpati dengan semua yang
tertindas. Semua hal ini telah dikatakan jauh lebih baik daripada yang bisa
saya katakan tentang mereka, dan saya tidak mengulanginya lagi.
Tapi saya ingin palu keyakinan ini salah dalam hati Anda dan
saya sendiri, bahwa rahasia terdalam dari kehidupan mulia, semua kekayaan kapasitas, semua beban belajar, yang
menanggung ringan seperti bunga, adalah fakta bahwa manusia itu, dengan sangat
dalam sifatnya, seorang Kristen yang
taat. Dia akan menjadi mampu, fasih, dan semua sisanya, jika ia telah kafir.
Tapi dia tidak akan pernah melakukan apa yang dia lakukan, dan ia tidak akan pernah
meninggalkan berkat kepribadian yang mengesankan dan tinggi pada seluruh bangsa
dan dunia, jika di bawah intelek ada karakter, dan di bawah karakter Kristen .
Dia jauh, pada sambungan gerejawi, dari kami Nonkonformis,
dan ia memegang pendapat dalam hal beberapa pertanyaan gerejawi yang sangat
penting yang dipotong lurus beberapa keyakinan kita yang terdalam. Kami tidak
pernah mencari banyak bantuan dari tangannya, karena suasana intelektual dihapus
jauh dari simpati dengan banyak kebenaran yang tersayang kepada anggota Free
Injili Gereja. Tapi tidak kurang kita mengakui dalam dirinya seorang saudara
dalam Yesus Kristus , dan bersukacita bahwa ada, di
tempat-tempat yang tinggi dari generasi ceroboh dan skeptis, ada berdiri
seorang manusia Kristen .
Dalam hubungan ini saya tidak bisa tidak, meskipun saya
tidak punya hak untuk melakukannya, mengungkapkan betapa amat bersyukur saya,
untuk satu, adalah untuk Perdana Menteri sekarang dari Inggris yang di eulogium
singkat, saya akan mengatakan, rival kuatnya, ia mengakhiri semua dengan
deklarasi tegas bahwa Mr. Gladstone adalah, pertama dan terutama, seorang manusia
Kristen yang besar. Iya; ada rahasia,
seperti yang telah saya katakan, bukan hanya dari keunggulan politiknya, tapi
penghormatan yang universal yang bangsa ungkapkan sehari-hari. Semua fitnah
dibungkam, dan semua fitnah telah menjatuhkan diri, sebagai kotoran dari sayap
putih angsa melonjak, dan dengan satu suara Kekaisaran dan dunia mengakui bahwa
dia adalah seorang yang besar dan orang yang baik.
Saya tidak perlu memikirkan secara rinci pada pikiran
bagaimana, dengan alasan takut didasarkan dalam Tuhan, kualifikasi lain yang
membuat sketsa ideal kita menemukan realisasinya dalam dirinya; bagaimana
orang-orang yang, sepanjang karirnya, tersenyum paling antusiasme yang
berurutan yang dimonopoli pikirannya, dan kadang-kadang di kontras antara ini,
sekarang siap untuk mengakui bahwa, apakah antusiasme yang benar atau salah,
ada sesuatu yang mulia dalam tontonan seorang manusia yang pernah menjaga
pikirannya, bahkan ketika windows mulai diredupkan oleh salju usia, terbuka
untuk balok kebenaran baru. Dan yang paling besar, karena beberapa orang
berpikir, blunder politik, seperti yang kita mulai, kita semua, untuk
mengenali, sekarang bahwa perselisihan partai sunyi, adalah konsekuensi
langsung dari antusiasme pernah segar dan awet muda untuk pengalaman baru dan
baris baru aksi. Inovator berusia delapan puluh tidak terlalu banyak.
Juga perlu saya katakan lebih dari satu kata tentang bagian
lain dari ideal, 'membenci ketamakan.' Pemberi kolega umur oleh gantang mati
rakyat biasa. Orang yang memiliki segala yang diperintah tidak membuat uang,
atau apa pun, dari tahun lama jabatannya, kecuali kepuasan memiliki yang diizinkan
untuk membuat apa yang dia yakini menjadi yang tertinggi dari pelayanan kepada
bangsa, bahwa ia menkasihi begitu baik . Seperti tetangga pada suatu ketika, biasa besar
lainnya, John
Bright , ia hidup di antara
orang-orangnya sendiri; dan seperti Samuel ,
dari siapa saya telah berbicara, dia bisa berbaring tangan tua dan berkata, “Mereka
bersih”. Satu hampir merasa seolah-olah, hidup seperti itu, pemakaman Negeri di Westminster Abbey adalah sama dan sebangun.
Satu telah lebih suka melihat dia meletakkan di antara penduduk desa yang
rendah hati para teman-teman dan
sahabatnya, dan di gereja tenang yang langkahnya telah begitu sering dilalui.
Tetapi pada semua peristiwa yang ideal itu terwujud, dan kita semua tahu apa
itu.
Mungkin saya mengatakan satu kata lagi? Sebagai tokoh besar
ini melewati keluar dari pandangan manusia untuk pekerjaan yang lebih mulia,
pastikan, di cakrawala melebar sesuai dengan kekuatannya mengajari dan
dilaksanakan, apakah dia tidak meninggalkan pelajaran bagi kita? Dia
meninggalkan satu sangat jelas, satu jelek, dan itu adalah, “Bekerja sementara
itu disebut hari”. Tidak ada kemewahan endowment tergoda manusia ini untuk
kemalasan, dan tidak ada kemiskinan abadi akan memaafkan kita untuk kemalasan. Pekerjaan adalah hukum
kehidupan kita; dan lebih tinggi kita berbakat, semakin kita terikat untuk
melayani.
Dia meninggalkan kita pelajaran lain. Ikuti keyakinan mereka
yang membuka sebelum Anda, dan tidak
pernah berpikir bahwa Anda telah cukup tumbuh, atau telah mencapai tahap akhir
Anda.
Dia meninggalkan pelajaran lain. Jangan mengira bahwa Injil Yesus
Kristus tidak dapat memuaskan
intelek paling tajam, juga mendominasi kehendak
kuat. Ini telah datang untuk menjadi tanda sempitnya dan fossilhood menjadi
percaya yang taat di dalam Kristus dan Salib-Nya. Beberapa dari Anda pemuda
membuat reputasi mudah bagi kepintaran dan maju berpikir dengan proses yang
singkat dan sederhana, tidak percaya apa
yang ibu Anda mengajarkan Anda. Berikut adalah manusia, mungkin sebagai besar
seperti Anda, dengan sebagai tajam intelek, dan ia menempel Salib Kristus ,
dan memiliki untuk hymn- favoritnya
Rock of Ages, sumbing bagi saya, Biarkan aku menyembunyikan
diri di dalam Engkau. '
Dia meninggalkan pelajaran lain. Jika Anda ingin membuat
karakter Anda semua yang ada di dalamnya harus dibuat, Anda harus, seperti dia,
pergi ke Yesus Kristus, dan mengajar Anda dan menginspirasi Anda dari Tuhan
yang besar. Kita tidak bisa semua menjadi orang besar. Lupakan. Hal ini
karakter yang menceritakan; kita semua bisa menjadi manusia yang baik, dan kita
semua bisa menjadi manusia Kristen . Dan apakah kita membangun cottage atau istana, jika
kita membangun satu landasan, dan hanya jika kita lakukan, mereka akan berdiri.
Musa meninggalkan pelajaran lain, karena ia meluncur ke masa
lalu. Orang ini, setelah melayani generasinya oleh kehendak Allah, jatuh pada
tidur, dan berkumpul untuk ayahnya, dan melihat korupsi; tetapi Dia yang Allah
telah bangkitkan melihat ada korupsi. Lampu yang padam, matahari bersinar. Musa
meninggal, Para nabi, apakah mereka hidup
untuk selama-lamanya? Tetapi ketika Musa
dan Elias memudar dari Bukit Transfigurasi , para rasul melihat tidak ada orang lagi selain
Yesus saja, dan mendengar suara berkata,
"Inilah
Anak-Ku yang terkasih; dengarkanlah
Dia”.
Komentar Concise Matthew Henry
Keluaran 18: 13-27 Berikut adalah semangat besar dan kerja
keras Musa sebagai hakim. Setelah digunakan untuk menebus Israel keluar dari perbudakan, ia
adalah jenis lebih lanjut dari Kristus, bahwa ia dipekerjakan sebagai
pemberi hukum dan hakim di antara
mereka. Jika orang-orang yang satu bertengkar dengan yang lain, karena mereka
dengan Allah, tidak diragukan lagi Musa memiliki banyak penyebab dibawa ke
hadapannya. Musa dipanggil untuk urusan ini; tampak bahwa ia melakukannya
dengan hati-hati dan kebaikan. Orang Israel yang paling kejam
dipersilahkan untuk membawa penyebab ke hadapan dia. Musa terus untuk mengurusi
tugasnya dari pagi sampai malam. Yitro pikir itu terlalu banyak baginya untuk
melakukan sendirian; juga akan membuat administrasi peradilan melelahkan untuk
orang-orang. Mungkin ada yang lebih baik dilakukan bahkan dalam berbuat baik.
Kebijaksanaan adalah menguntungkan untuk mengarahkan. Kita mungkin tidak
berpuas diri dengan kekurangan dari tugas kita, atau tugas diri melampaui
kekuatan kita. Yitro menyarankan Musa untuk rencana yang lebih baik.
Orang-orang besar tidak hanya belajar untuk menjadi berguna sendiri, tetapi
merancang untuk membuat orang lain juga berguna. Perawatan harus diambil dalam
memilih orang-orang yang mengaku siap menjadi kepercayaan seperti itu. Mereka
harus orang dengan akal sehat, yang mengerti urusannya, dan yang tidak akan
gentar dengan mengerutkan kening atau berkoar, tapi membenci pikiran suap. Manusia
saleh dan beragama; seperti rasa takut Tuhan, yang tidak berani melakukan hal
dasar, meskipun mereka bisa melakukannya secara diam-diam dan aman. Takut akan
Allah adalah alat yang terbaik yang akan membentengi seorang manusia terhadap
godaan ketidakadilan. Musa tidak membenci nasihat ini. Mereka adalah tidak
bijaksana, yang menganggap diri mereka terlalu bijaksana untuk dinasihati.
Manusia mampu - Kualifikasi yang sangat lengkap, kemampuan,
kesalehan, kejujuran, dan tidak egois. Dari Ulangan
1:13, tampak bahwa Musa meninggalkan pemilihan orang-orang ke orang, contoh
diikuti oleh para Rasul; lihat Kisah Para
Rasul 6: 3.
Penguasa ribuan ... -Nomor tampak konvensional, sesuai
hampir, tapi tidak persis, dengan militer, atau divisi sipil rakyat: divisi
terbesar (1.000) digunakan sebagai setara dengan gens di bawah satu kepala, Bilangan
1:16; 10: 4; Joshua 22:14.
Kata "penguasa," kadang-kadang diberikan "pangeran,"
adalah umum, termasuk semua jajaran pejabat ditempatkan dalam perintah. Kata yang
sama digunakan secara teratur pada monumen Mesir zaman Musa.
Commentary Bible Jamieson-Fausset-Brown
Manusia mampu, Ibr. Kekuatan orang-orang, bukan untuk
kekuatan tubuh, tetapi untuk kebesaran, resolusi, keberanian, dan keteguhan
pikiran, yang merupakan pengawet terbaik terhadap keberpihakan dan korupsi di
pengadilan, manusia yang pikiran kecil,
atau jiwa yang sempit, mudah terombang-ambing oleh ketakutan, atau harapan,
atau hadiah.
Seperti takut Allah; yang akan menahan mereka dari segala
ketidakadilan, bahkan ketika mereka memiliki kemampuan dan kesempatan untuk
melakukan salah jadi licik atau kuat bahwa mereka dapat melarikan diri dari pengamatan
dan kecaman dari manusia lain.
Manusia benar, atau, iman, atau yang setia, seperti kasih
kebenaran, dan rajin tenaga kerja untuk menemukan itu di semua penyebab, dan
kemudian menjatuhkan hukuman benar dan adil; sama sekali tidak menghormati
orang, tetapi hanya kebenaran dan hak penyebabnya; seperti kebohongan kebencian
dan fitnah, dan akan menegur dan menghukum mereka. Membenci ketamakan: ini, meskipun termasuk
dalam bekas, terutama diungkapkan, karena hadiah dan suap adalah koruptor besar
hakim dan pengadilan.
Eksposisi Gill dari Seluruh B i bl e
Selain itu, engkau akan memberikan jalan keluar untuk semua
orang, .... Atau melihat keluar dari kalangan mereka; lihat Kisah Para Rasul 6:
3,
manusia mampu; atau "kekuasaan orang "; berarti
tidak begitu banyak orang-orang kuat dan kokoh konstitusi, yang, sebagai Aben
Ezra mengatakan, mampu menanggung tenaga kerja; tapi pria yang memiliki
kekuatan jantung, seperti Ben Gersom mengungkapkan hal itu, orang-orang
semangat dan berani, dan tidak takut untuk melakukan keadilan, untuk menekan
wakil, dan wajah kebajikan; atau, seperti Maimonides berkata, memiliki hati
yang kuat, atau keberanian dan keberanian untuk memberikan tertindas kelepasan dari
tangan penindas. Jarchi menafsirkannya dari orang-orang kaya, orang-orang dari
substansi, yang tidak perlu menyanjung, atau bermain munafik, dan untuk
mengetahui wajah manusia:
Seperti takut Allah; yang memiliki rasa takut akan Tuhan,
dan hati mereka, dalam semua yang mereka lakukan, dan karena itu tidak dapat
melakukan hal-hal yang orang lain lakukan, yang miskin itu; tidak bisa
memberikan penyebab dengan cara yang salah sengaja, atau memutarbalikkan
penghakiman, dan merupakan kebalikan dari karakter hakim yang tidak adil, yang
tidak takut akan Allah atau orang dianggap seperti itu, Lukas 18: 2,
Manusia kebenaran; manusia sejati, tulus, tegak, dan manusia
yang setia, yang kasih kebenaran dan benci kebohongan dan kepalsuan, dan akan
mengambil beberapa rasa sakit untuk mendapatkan kebenaran dari penyebab, untuk
menanyakan di mana itu terletak, dan mengejar dan mendorong itu di mana
ditemukan, dan mencegah ke kepalsuan ujung, kebohongan, dan sumpah palsu:
Membenci ketamakan; dalam diri mereka sendiri dan orang
lain, fulus, secara haram, mamon ketidakbenaran, sehingga tidak akan disuap dan
rusak, dan melaksanakan penghakiman yang salah demi uang:
dan tempat tersebut selama mereka untuk menjadi pemimpin
seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin
sepuluh; berarti pengadilan peradilan, yang terdiri dari sejumlah hakim,
pengadilan tersebut tidak pernah memiliki seribu hakim atas bangku sekaligus;
pengadilan tertinggi peradilan yang pernah ada di antara orang-orang Yahudi,
yang lama setelah waktu ini, terdiri tetapi dari tujuh puluh atau tujuh puluh
satu: tapi akal adalah, bahwa masing-masing harus memiliki sejumlah orang, atau
lebih tepatnya keluarga, di bawah mereka peduli, yang, ketika mereka diterapkan
kepada mereka untuk keadilan, harus setia mengelola kepada mereka; Lihat Gill
pada Keluaran 18:25.
Selain itu haruslah memberikan keluar dari semua orang {i}
orang mampu, seperti rasa takut Tuhan, manusia kebenaran, membenci ketamakan; dan menempatkan seperti atas
mereka, menjadi pemimpin seribu orang, dan pemimpin seratus orang, pemimpin
lima puluh orang dan pemimpin sepuluh:
Penafsiran eksegesis (BAHASA ASLI )
Bible Cambridge untuk Sekolah dan Kolese
21. Amati penekanan diletakkan
pada kualifikasi moral para hakim yang dipilih.
menyediakan] pemakaian aneh. The Ibr. kata itu sendiri (חזה, 'melihat') sangat tidak
biasa dalam bentuk prosa; dan tidak pernah di tempat lain terjadi dalam arti
melihat keluar, memberikan. Kata biasa untuk 'melihat' (ראה) terjadi dalam arti yang sama Kejadian 22: 8;
Kejadian 41:33, dan di tempat lain. E menggunakan kata-kata kadang-kadang
langka.
mampu] atau, mampu, layak: ekspresi menyiratkan efisiensi
moral dan fisik, bukan kemampuan intelektual: itu diberikan layak, 1 Raja-raja
01:42; 1 Raja-raja 01:52, berbudi luhur, Ruth 3:11, Amsal 12: 4; dan sering
gagah berani, karena 1 Samuel 14:52.
penguasa] atau, pengawas (lih Keluaran 1:11): '. kapten'
dalam Ulangan 1:15 diberikan kata diterjemahkan 'penguasa' dalam Keluaran
16:22. Kecuali dalam Ulangan 01:15 (diulang dari sini), kata (sar), jika
diikuti oleh 'ribu,' & c., Hanya digunakan dalam hubungan dengan tentara,
yang kemudian diberikan 'kapten' (1 Samuel 08:12 , 2 Raja-raja 1: 9: 'kapten
puluhan,' namun, hanya terjadi di sini dan Ulangan 1:15). Seperti suatu organisasi orang-orang untuk tujuan
peradilan tampaknya aneh; dan sulit untuk memahami bagaimana itu akan bekerja
praktis. Jika sepuluh, lima puluh, & c. berarti begitu banyak individu,
jumlah hakim yang diangkat tampak berlebihan; karena itu telah seharusnya
(meskipun tidak ada dalam teks untuk menyarankan itu) angka-angka tersebut
dimaksudkan untuk menunjukkan bukan individu, tetapi kepala keluarga: tetapi
meskipun demikian, karena setiap individu Israel akan menjadi milik tampaknya
untuk empat kelompok, dan berada di bawah yurisdiksi empat hakim, tidak jelas
mana hakim kasus-kasus tertentu akan datang di hadapan persidangan.
21-23. Tapi semua kasus-kasus kecil Yitro menasihati dia
tidak lagi berurusan dengan dirinya sendiri, tetapi untuk meninggalkannya dan
mendelegasikan kepada keputusan hakim bawahan yang ditunjuk untuk tujuan
tersebut.
Komentar mimbar
Ayat 21. - manusia Mampu. Secara harfiah, "orang-orang
kuat" - yaitu, kapasitas atau kemampuan - manusia yang kompeten untuk
jabatan hakim; yang ditetapkan lebih lanjut untuk menjadi, seperti memiliki
tiga kualitas kesalehan, kejujuran, dan kejujuran yang ketat, atau
incorruptness. konsepsi Yitro dari karakter peradilan benar meninggalkan
sedikit yang diinginkan. Jika di antara setiap sepuluh Israel ada satu orang tersebut,
kondisi moral bangsa bisa tidak begitu banyak tertekan oleh perbudakan Mesir
seperti yang kadang-kadang direpresentasikan. Tempatkan mereka untuk menjadi
pemimpin seribu orang, dll Suatu organisasi desimal alami menyediakan dirinya
untuk pikiran manusia sebagai yang paling sederhana dalam keadaan sederhana
masyarakat, dan mungkin sudah digunakan di antara suku-suku Arab dengan siapa
Yitro akrab. Seri lulus - pemimpin sepuluh, lima puluh, ratusan, dan ribuan,
menyiratkan kekuatan tarik tiga kali lipat, dari "penguasa sepuluh"
ke "penguasa lima puluh" - dari dia untuk "penguasa ratus
"- dan dari dia ke " penguasa seribu " Apakah ada banding dari
terakhir bernama Musa, diragukan. Mungkin tidak ada; Musa memutuskan
kasus-kasus hanya yang "penguasa ribu" bagi dirinya sebagai khusus kasus
sulit atau penting.
Komentar Bible Keil dan Delitzsch di Perjanjian
Lama
Hari berikutnya Yitro melihat bagaimana Musa duduk dari pagi
sampai malam dalam mengadili orang, yang membawa semua perselisihan mereka
kepadanya, supaya ia mungkin menetapkan kasus mereka sesuai dengan ketetapan
Allah. על עמד: seperti dalam Kejadian 18:
8. Orang-orang datang kepada Musa "untuk mencari atau menanyakan
Allah" (Kejadian 18:15), yaitu, untuk meminta keputusan dari Tuhan: dalam
banyak kasus, ini berarti untuk menanyakan melalui oracle; di sini itu menandakan
keinginan keputusan ilahi untuk pertanyaan dalam sengketa. Dengan menilai atau
memutuskan kasus-kasus yang dibawa kepada dia, Musa memberitahukan kepada orang
tata cara dan hukum-hukum Allah. Untuk
setiap keputusan didasarkan pada beberapa hukum, yang, seperti semua hukum yang
benar di bumi, berasal pertama-tama dari Allah. Ini adalah arti dari Kejadian
18:16, dan tidak, sebagai Knobel mengandaikan, bahwa Musa membuat penggunaan
pertanyaan dalam sengketa, pada saat mereka memutuskan, sebagai kesempatan yang
baik untuk memberikan hukum kepada orang-orang. Yitro mengkritik rencana ini
(Kejadian 18:18.) Sebagai melelahkan, mengenakan keluar (נבל menyala, memudar, Mazmur
37: 2), baik untuk Musa dan orang-orang: untuk yang terakhir, karena mereka
tidak hanya keletihan karena menunggu lama, tapi, kalau dilihat dari Kejadian
18:23, sangat sering mulai mengambil hukum ke tangan mereka sendiri karena
keterlambatan dalam keputusan hukum, dan begitu menggerogoti kesejahteraan masyarakat luas; dan untuk Musa,
karena pekerjaan itu tentu terlalu besar untuk dia, dan dia tidak bisa
melanjutkan untuk waktu yang lama untuk mempertahankan beban seperti itu sendiri
(Kejadian 18:18). Bentuk usang inf tersebut. const. עשׂהוּ untuk עשׂתו
hanya digunakan di sini, tapi bukan tanpa analogi dalam Pentateukh. Yitro
menyarankan dia (Kejadian 18:19.) Mengangkat dinilai dari orang untuk segala
hal yang kecil dalam sengketa, sehingga di masa depan hanya kasus-kasus yang
lebih sulit, yang benar-benar membutuhkan keputusan yang unggul atau ilahi,
akan dibawa ke dia bahwa dia mungkin meletakkan mereka di hadapan Allah.
"Aku akan memberikan kepadamu nasihat, dan Tuhan menyertai engkau (yaitu,
membantu engkau untuk melaksanakan saran ini): Jadilah engkau kepada
orang-orang האלהים מוּל, menuju Tuhan,"
yaitu, berbaring urusan mereka di hadapan Allah, mengambil tempat Allah dalam
hal penghakiman, atau, seperti Luther
mengungkapkan hal itu, "mengambil alih orang-orang di hadapan Allah."
Untuk tujuan ini, di tempat pertama, ia menginstruksikan orang-orang sesuai
perintah-perintah Allah, dan berjalan sendiri dan melakukan (הזהיר dengan akusatif ganda,
untuk mencerahkan, menginstruksikan; שדרך
berjalan, seluruh perilaku; מעשׂה
tindakan tertentu ); kedua, dia memilih manusia mampu (חיל אנשׁי
orang kekuatan moral, 1 Raja-raja 1:52) sebagai hakim, manusia yang takut akan
Allah, tulus, dan tidak mementingkan diri sendiri (gain-membenci), dan
menetapkan mereka untuk menegakkan keadilan dengan orang, dengan memutuskan
hal-hal sederhana sendiri, dan hanya mengacu pada pertanyaan yang lebih sulit
untuk dia, dan untuk meringankan tugas-tugasnya sendiri dengan berbagi beban
dengan hakim ini. מעליך הקל (Kejadian 18:22)
"membuat terang (yang yang terletak) atasmu." Jika dia akan melakukan
ini, dan Allah akan perintah, dia akan mampu berdiri, dan orang-orang akan
datang ke tempat mereka, yaitu, ke Kanaan, dalam kondisi baik (בּשׁלום). apodosis tidak dapat
dimulai dengan וצוּך,
"maka Allah akan membangun engkau," untuk צוּה tidak pernah memiliki arti ini; tetapi
gagasan adalah ini, "jika Tuhan harus memimpin pelaksanaan rencana yang
diusulkan."
ULANGAN 1:15
Ekspositori (ENGLISH ALKITAB)
Ulangan 1:15. Jadi saya mengambil kepala - Tidak dalam
otoritas, tetapi dalam kewenangan untuk memerintah. Dan
petugas - petugas Inferior, yang menghadiri pada hakim superior, dan untuk
melaksanakan keputusan mereka.
Komentar Concise Matthew Henry
1: 9-18 Musa mengingatkan orang-orang dari konstitusi
bahagia pemerintah mereka, yang mungkin membuat mereka semua aman dan mudah,
jika itu bukan kesalahan mereka sendiri. Dia memiliki pemenuhan janji Allah
kepada Abraham , dan berdoa untuk
pemenuhan lanjut dari itu. Kami tidak sempitlah dalam kuasa dan kebaikan Allah;
mengapa kita harus sempitlah dalam iman dan pengharapan kita sendiri? Hukum
yang baik diberikan kepada orang Israel , dan laki-laki yang baik
adalah untuk melihat ke eksekusi mereka, yang menunjukkan kebaikan Tuhan kepada
mereka, dan perawatan Musa.
Catatan 'di Alkitab Barnes
Penunjukan ini dari "kapten" (bandingkan Keluaran
18:21 ff) tidak harus bingung dengan yang tua-tua dalam Bilangan 11:16 ff. Majelias
Tua-Tua akan berjumlah 78.600; yang terakhir adalah 70 saja.
Perbandingan antara bagian ini dan yang dalam Keluaran
membuat jelas bahwa Musa hanya menyentuh pada bagian-bagian tertentu dari
seluruh sejarah, tanpa memperhatikan urutan waktu, tetapi dengan tujuan khusus.
Pengaturan ini penting bagi pemerintah baik dari orang terjadi sebelum mereka
meninggalkan Horeb untuk berbaris langsung ke tanah yang dijanjikan. Fakta ini
menetapkan lebih jelas sebelum kita tipu muslihat dan tidak tahu berterima
kasih dari orang-orang, yang orator berikutnya melewati; dan menunjukkan, apa yang ia ingin mengesankan, bahwa kesalahan
keterlambatan 40 tahun beristirahat hanya dengan diri mereka sendiri!
Commentary Alkitab Jamieson-Fausset-Brown
10. kamu hari ini sebagai bintang di langit-ini bukanlah suatu
hiperbola Oriental maupun bermegah kosong belaka. Abraham diberitahu (Ge 15: 5,
6) untuk melihat ke bintang-bintang, dan meskipun mereka "muncul" tak
terhitung, namun yang terlihat oleh jumlah mata telanjang, pada kenyataannya,
tidak lebih dari tiga ribu sepuluh di kedua belahan otak. Israel sudah jauh melebihi jumlah
itu, yang pada sensus terakhir di atas enam ratus ribu [Bilangan 26:51]. Itu
kenang-kenangan pd waktunya, dihitung untuk menghidupkan iman mereka dalam
pemenuhan bagian lain dari janji ilahi.
Kepala, tidak berwenang, yang belum mereka tidak, tetapi
dalam delegasi untuk pemerintahan yang baik.
Eksposisi Gill dari Seluruh Alkitab
Jadi saya mengambil
kepala suku Anda, orang-orang bijak, dan
dikenal, .... Orang-orang utama di antara mereka, yang luar biasa dan terkenal
karena kebijaksanaan dan pemahaman mereka, siapa orang yang disajikan
kepadanya: dan membuat mereka memimpin lebih dari Anda; penguasa mereka,
sebagai berikut:
kapten ribuan, dan kapten dari ratusan, dan kapten lima puluhan, dan kapten
puluhan; lihat Keluaran 18:21.
dan petugas di antara suku-suku Anda; yang Jarchi
menafsirkan sehingga mengikat penjahat dan mencambuk mereka, sesuai dengan
Keputusan hakim, bahkan para algojo keadilan; dan orang-orang Yahudi biasa
memahami mereka untuk menjadi itu, meskipun beberapa berpikir mereka hakim
juga.
Jadi saya mengambil kepala suku Anda, {l} orang bijak, dan
dikenal, dan membuat mereka menjadi kepala atas kamu, kapten ribuan, dan kapten
ratusan, dan kapten lima puluhan, dan kapten puluhan, dan petugas di antara
suku-suku Anda.
Mendeklarasikan macam apa orang harus memiliki muatan umum,
membaca Kel 18:21.
Penafsiran (ORIGINAL BAHASA)
Cambridge Alkitab untuk Sekolah dan Kolese
15. kepala suku Anda] LXX, dari Anda, baik mewakili Ibr
asli. membaca atau perbaikan yang Gk penerjemah dari teks yang sulit. Di tanah yang Ibr ini. membaca konflik dengan Ulangan
1:13 dan berarti dalam kaitannya dengan sisa ayat ini (itu menjadi tidak
mungkin bahwa Musa akan mengatakan, bahwa ia mengambil kepala suku untuk
membuat mereka menjadi kepala atas Anda), beberapa akan menghapus kata-kata.
Tapi ayat ini, meskipun canggung, mungkin berarti bahwa Musa mengambil
orang-orang terpilih dalam berbagai suku (Ulangan 1:13) dan membuat mereka
kepala dengan fungsi peradilan dalam organisasi nasional baru yang sekarang dia
lembagakan: sehingga dalam E, Keluaran 18:25, ia mengatur mereka kepala atas
bangsa itu, secara keseluruhan.
kapten ribu, ratusan, lima
puluhan, puluhan] Kapten, Ibr. Sarim. Jadi E ,
Exodus 18:21; Keluaran 18:25. Tapi tidak ada juga di sini adalah arti yang
jelas. Di bawah monarki ada Sarim militer ribu, ratusan, dan lima puluhan (1
Samuel 08:12; 1 Samuel 17:18; 2 Samuel 18: 1; 2 Raja-raja 1: 9 ff; 2 Raja-raja
11: 4; Yesaya 3: 3 ); bahwa tidak ada Sarim puluhan disebutkan tidak berarti
bahwa mereka tidak ada, untuk pemberitahuan dari yang lain insidental. Apakah
Sarim militer seperti sudah ada di saat pengembaraan Israel, dan itu berarti,
di sini dan dalam Keluaran 18, bahwa kepala dipilih secara populer mengambil
judul militer seperti pada janji mereka? Atau yang militer ini menempati urutan
pertama dilembagakan di bawah monarki, ketika tentara nasional yang
diselenggarakan mengambil tempat pungutan suku tua, dan memiliki penulis E dan
D (cp P, Bilangan 31:14;. Bilangan 31:28) hanya tercermin lembaga ini kali
mereka sendiri kembali pada periode mengembara itu? Atau kita untuk memegang
dengan Steuernagel bahwa meskipun Keluaran 18: 13-26 penawaran sepanjang dengan
lembaga hakim ulasan Ulangan ini, Ulangan 1: 9-15, menceritakan pengangkatan
bukan dari hakim tetapi perwira militer dan administrasi dan bahwa kita
mencapai hakim hanya dalam Ulangan 1:16, di mana gelar pertama mereka terjadi
dan di mana paragraf baru ditandai dengan berulangnya rumus, dan pada saat itu?
Untuk mendukung pandangannya, Steuernagel menuduh bahwa hanya kualitas
intelektual yang diperlukan untuk petugas dibahas dalam Ulangan 1: 9-15,
sedangkan dalam Keluaran 18:13 ff, di mana hakim dimaksudkan memiliki seluruh
persyaratan yang moral.. Tapi saat ini kita sudah menjawab di atas pada Ulangan
1:13. Penjelasan lebih lanjut Steuernagel ini tidak memecahkan kesulitan dalam
Keluaran 18:13 ff. (E) di mana persamaan judul militer dengan tulisan peradilan
yang pasti; atau memenuhi fakta bahwa review Ulangan ini didasarkan pada
Keluaran 18:13 ff., dan jika itu dimaksudkan untuk berbeda dari yang terakhir
pada begitu besar titik itu pasti telah menunjukkan perbedaan secara eksplisit.
Tak satu pun dari penjelasan yang memuaskan. Bukti bahwa bahkan di bawah Musa lembaga suku
yang dilas menjadi organisasi nasional sering dan kemungkinan; dan fakta utama
dapat diadakan, bahkan jika kita membiarkan, sama-sama kemungkinan, bahwa E dan
D dipantulkan kembali atasnya judul militer hari mereka sendiri.
dan petugas] Ibr. shôṭerîm, dengan makna asli salah satu
dari rangers, penyelenggara (jadi Dri. setelah Nöldeke, mengutip Ar. Satara
'untuk memerintah' buku, 'tulis,' dan 'garis' satr atau 'baris,' cp. Ibr. mishṭar,
Job 38:33), atau penulis (Ass. shatâru 'write'). Kedua makna yang melekat pada
nama di O.T. Dalam Ulangan 20: 5; Ulangan 20: 8 f, seperti di E, Yosua 1:10;.
Joshua 3: 2, shôṭerîm adalah perwira yang lulus atas perintah umum melalui
pangkat; cp. J, Exodus 5: 6, dll, petugas asli Israel di bawah mandor Firaun.
Tapi di sini, seperti dalam Ulangan 16:18, mereka berhubungan dengan hakim,
Ulangan 29:10, dengan tetua melaksanakan fungsi peradilan: cp. deuteron, Joshua
8:33.; Yosua 23: 2; Yosua 24: 1; dan E, Bilangan 11:16; Amsal 6: 7. Sam.
memiliki sini ahli Taurat; LXX γραμματοεισαγωγεῖς. Mereka baik sekretaris atau
penilai profesional hakim awam.
menurut suku Anda] Jadi Ibr .
dan Sam .; LXX τοῖς κριταῖς ὑμῶν,
untuk hakim, yang Berth. emends untuk menilai Anda.
tanah ini Tuhan telah tempatkan di pembuangan bangsa Israel
bagi mereka untuk mengambil kepemilikan, sebagaimana Dia telah bersumpah kepada
nenek moyang (leluhur) bahwa Dia akan memberikannya kepada keturunan mereka
(lih Kejadian 12: 7; Kejadian 13:15; Kejadian 15:18., dll).
"bersumpah" pada bagian dari Allah menunjuk kembali ke Kejadian
22:16. Ekspresi "kepada mereka dan untuk benih mereka" adalah sama
dengan "kepadamu dan keturunanmu" dalam Kejadian 13:15; Kejadian 17:
8, dan tidak harus dipahami sebagai menandakan bahwa leluhur sendiri seharusnya
telah mengambil kepemilikan aktual Kanaan; tetapi "untuk benih
mereka" di aposisi, dan juga definisi yang lebih tepat (comp Kejadian 15:.
7 dengan Kejadian 15:18, di mana pernyataan sederhana "kepadamu"
dijelaskan oleh pernyataan penuh "untuk keturunanmu"). ראה telah tumbuh menjadi suatu
kata seru sama הנּה. לפני נתן: untuk memberikan sebelum seseorang, setara
dengan menyerah kepada orang, atau tempat pembuangan yang bebas (untuk
penggunaan kata dalam pengertian ini, lihat Kejadian 13: 9; Kejadian 34:10).
Yehuwa (ini adalah ide Ulangan 1: 6-8), ketika Dia menyimpulkan perjanjian
dengan Israel di Horeb, berniat untuk memenuhi sekaligus janji yang Dia berikan
kepada leluhur, dan untuk menempatkan mereka ke dalam kepemilikan dari yang
dijanjikan tanah; dan Musa juga telah melakukan apa yang diperlukan di
pihaknya, karena ia menjelaskan dalam Ulangan 1: 9-18, untuk membawa
keselamatan orang ke Kanaan (lih Kel 18:23). Sebagai bangsa yang dikalikan
sebagai bintang di langit, sesuai dengan janji Tuhan, dan ia merasa tidak mampu
menanggung beban sendirian dan menyelesaikan semua perselisihan, ia ditempatkan
di atas mereka pada waktu itu orang-orang bijak dan cerdas dari kepala suku
untuk bertindak sebagai hakim, dan telah memerintahkan mereka untuk mengadili
pada hal-hal yang lebih kecil dari sengketa dengan benar dan tanpa rasa hormat
dari orang. Untuk keterangan lebih
lanjut mengenai pengangkatan hakim, lihat di Keluaran
18: 13-26, di mana hal itu berkaitan bagaimana Musa mengadopsi rencana ini pada
saran dari Yitro, bahkan sebelum pemberian Hukum di Sinai .
Ungkapan "pada waktu itu," dalam Ulangan 1: 9, tidak berbeda dengan
ini. Imperfect ואמר dengan vav rel., Mengungkapkan urutan pikiran
dan bukan dari waktu. Karena
Musa tidak bermaksud untuk
mengingat keadaan yang berbeda dengan ingatan orang-orang dalam urutan
kronologis mereka, tetapi mengatur mereka sesuai dengan kepentingan relatif
mereka sehubungan dengan objek utama pidatonya. Dan ini diperlukan bahwa ia
harus mulai dengan apa yang telah Tuhan lakukan untuk pemenuhan janji-Nya, dan
kemudian lanjutkan setelah itu untuk melihat apa yang telah, hamba Allah,
dilakukan di jabatannya, sebagai hal yang sama sekali bawahan. Sejauh ini objek
khawatir, itu juga sempurna acuh tak acuh yang menyarankan dia untuk mengadopsi
rencana ini, sementara itu sangat penting untuk menyinggung fakta bahwa itu
adalah peningkatan besar dalam jumlah orang Israel yang telah diberikan itu perlu,
bahwa ia mungkin mengingatkan jemaat Tuhan, bahkan pada saat itu, telah
memenuhi janji yang dia berikan kepada para leluhur, dan pemenuhan yang
diberikan jaminan praktis pemenuhan tertentu dari janji-janji lain juga. Musa mencapai
ini dengan menggambarkan peningkatan bangsa dalam sedemikian rupa sehingga para
pendengarnya harus tanpa sadar diingatkan janji perjanjian dalam Kejadian 15:
5. (Lih Kejadian 12: 2; Kejadian 18:18; Kejadian
22:17; Kejadian 26: 4).
No comments:
Post a Comment